Lainnya

Mengatasi Website yang Lemot

Mengatasi Website yang Lemot – Mengakses sebuah situs website yang lambat bukan hal sepele, perlu ditangani lebih lanjut. Setiap pengunjung enggan menunggu loading lama sampai selesai, dari mereka lebih memilih kembali mencari website lain untuk mencari referensi yang dibutuhkannya.

Website lemot tentu akan menjadi dampak buruk bagi kelangsungan bisnis online Anda, alhasil penjualan akan turun dan tidak sesuai ekspetasi yang Anda inginkan.

Hal tersebut bukan hanya berdampak pada user experience saja, namun juga berpengaruh pada meningkatnya bounce rate, bounce rate meningkat diakibatkan user belum sepenuhnya membuka situs tetapi sudah memencet tombol kembali (back) tentu ini menjadi kasus yang harus Anda tangani segera.

Penyebab Website Menjadi Lemot

Pada umumnya ada 3 (tiga) dampak yang terjadi mengapa website bisa memiliki loading sempurna yang cukup lama.

  1. Server & Hosting yang mengalami masalah.
  2. Coding website terjadi kesalahan.
  3. Koneksi / jaringan user lemot atau mesin pencarian yang memang sedang melakukan update.

Cara Mengatasi Website yang Lemot

Secara realita, tidak semua para ahli web developer mampu mengatasi masalah loading website, maka dari itu kita akan memberikan beberapa teknis sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membuat website Anda memiliki loading yang cukup baik dan cepat.

1. Analisa Apa yang Menjadi Penyebabnya

Hal utama Anda bisa lihat dari 3 (tiga) penyebab diatas, cari tahu lebih detail apa yang membuatnya bisa menjadi seperti ini.

Apakah dari pihak hostingnya yang sering mengalami masalah ataupun terdapat coding yang kurang Anda input.

Jika memang dari pihak hosting yang mengalami kesalahan server, konsultasi kepadanya dan beritahu bagaimana langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Mengatur Skala Gambar yang Sesuai

Tahap selanjutnya Anda dapat mengecek dan mengatur dari skala gambar yang digunakan, jika seharusnya pada template yang Anda gunakan berskala 500px x 500px, maka buatlah sesuai. Jangan pernah Anda menginputnya lebih dari itu, misal 1080px x 1080px.

Hal ini sama juga Anda membuang sisa ukurannya, semakin lebar gambar maka semakin banyak kapasitas yang Anda perlukan. Alhasil dapat mempengaruhi kinerja loading website.

3. Melakukan Kompresi Gambar

Selain itu tips selanjutnya yang Anda bisa terapkan yakni sebelum melakukan upload gambar, lakukanlah kompresi terlebih dahulu, hal ini guna untuk mengurangi kapasitas gambar tersebut.

Banyak cara untuk melakukan kompresi gambar, ada juga secara online baik bersifat berbayar maupun gratis. Tentu yang berbayar akan jauh lebih baik karna setelah melakukan kompresi hasil gambar tidak akan pecah.

Tetapi saya memiliki rekomendasi yang bisa Anda gunakan, saya pribadi paling sering menggunakan teknik yang satu ini untuk melakukan kompres gambar tanpa mengurangi kualitasnya: kompres foto secara online.

4. Gunakan Tema & Plugin yang Efektif

Tema & plugin juga dapat mempengaruhi kinerja website, terutama pada tema yang Anda gunakan. Carilah sesuai kebutuhan website Anda, jangan hanya memandang tema bagus tetapi loading lemot ketika hendak memasuki halaman website.

Hal ini sama saja tidak berarti, pengunjung juga enggan ingin memasuki website kita sampai benar-benar loading selesai secara sempurna.

Jika kita contohkan Anda juga akan merasa enggan jika menemukan website yang memiliki loading lama, alhasil Anda juga akan pergi dan mencari referensi website lain.

Andaikata Anda menggunakan CMS WordPress, install-lah plugin untuk clear cache, ini juga menjadi faktor yang dapat membantu kinerja website menjadi stabil.

5. Perbarui CMS yang Digunakan

Content Management System (CMS) merupakan tempat untuk mengelola segala jenis konten. Jenis CMS yang paling banyak digunakan yakni WordPress, kini wordpress sudah memiliki versi baru yang diberi nama Gutenberg untuk mengelola konten.

Jika Anda masih mengelola konten menggunakan Classic Editor, sudah tidak heran jika terjadi lemot, karena Classic Editor sudah melewati pembaruan sehingga kinerja tidak akan optimal seperti Gutenberg yang jauh lebih optimal saat ini.

6. Gunakan Provider Hosting Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Tidak semua provider hosting memiliki riwayat buruk, namun alangkah baiknya jika Anda memilih provider hosting yang sudah terpercaya dalam melayani setiap client-nya.

Carilah provider hosting yang sudah menggunakan SSD, serta keamanan yang sudah terbukti aman. Anda bisa lihat dari testimoni para pelanggannya.

Selain itu, belilah paket sesuai kebutuhan Anda, jika Anda membutuhkannya 4GB, maka carilah diatas 4GB, jangan disetarakan dengan 4GB karna akan membuatnya menjadi lemot ketika ada pengunjung banyak yang secara bersamaan mengunjungi situs website Anda.

Saya memiliki rekomendasi untuk menemukan web hosting murah akan tetapi sama kualitasnya tidak murahan, dalam artian harganya tidak terlalu tinggi seperti harga hosting spek high pada umumnya, rekomendasi saya yakni Niagahoster sudah melayani ribuan client hingga saat ini.

#Kesimpulan

Website lemot menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap pemilik website, karna hal ini sangat mempengaruhi para pengunjung alhasil penjualan akan turun.

Hal lainnya juga dapat rating buruk dari Google, serta sulit menaikkan ranking di halaman google pada keywords yang kita bidik akibat bounce rate yang sangat tinggi.

Semoga beberapa tips diatas dapat mengatasi loading website lemot / lambat menjadi lebih cepat. Jika Anda tidak memiliki pengalaman untuk mengatasi hal tersebut, kami juga menyediakan jasanya:

Jasa Mempercepat Loading WordPress

Jika Anda pengguna CMS WordPress lalu membutuhkan optimasi jasa mempercepat loading website wordpress, kami juga membuka jasa tersebut dengan harga bersahabat, mulai dari 300rb saja (tergantung tingkat kesulitan).

#Target Untuk Jasa Ini

  • Target minimal dibawah 4 detik akses lewat HP.
  • Pengecekan lewat Google Pagespeed Insight menjadi hijau.
  • Pengecekan lewat GTmetrix menjadi hijau.

#Fitur yang Akan Kami Optimasi

  • Minify HTML, Javascript, CSS.
  • Audit Plugin.
  • Optimize Media.
  • Instan Klik.
  • Control Cache.
  • Optimize Database.
  • Control Script.
  • Tidak mengubah / merusak tampilan Template.

#Cara Pengorderan

  • Silahkan chat via Email: ansyahmanatutorial@gmail.com
  • Nanti akan kami jawab dan dialihkan ke WhatsApp.
  • Kirim link web/blog.
  • Kami analisa.
  • Kami beritahu info harganya (mulai dari 300rb, tergantung tingkat kesulitan).
  • Jika Anda setuju, kirim data login wp-admin
  • Kami proses (jika tidak terdapat antrian, 1 hari sudah selesai).
  • Pekerjaan selesai.
  • Bayar (hanya via Bank BCA).

Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini, semoga bermanfaat supaya calon client tidak kabur dari toko online Anda akibat loading website lambat (bagi yang berjualan online).

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Feri Tekno