Manfaat Menerapkan SEO untuk Bisnis Online Anda

Feri Tekno

Feri Tekno

Manfaat SEO untuk Bisnis Online

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia digital marketing atau ingin menjadi seorang blogger, mungkin Anda masih bingung apa itu SEO dan apa saja manfaat SEO untuk bisnis anda.

SEO sendiri merupakan singkatan dari kata Search Engine Optimization yang dapat mengoptimasi sebuah website agar bisa berada di peringkat atas atau di halaman pertama mesin pencari. Penerapan metode SEO sendiri adalah langkah penting yang harus Anda terapkan karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam bisnis jika menggunakan SEO.

Apabila sebuah website atau bisnis tidak menggunakan metode SEO, maka Anda melewatkan teknik digital marketing yang sederhana namun mampu mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Manfaat SEO untuk Bisnis Online

Maka dari itu, sebelum Anda terjun menggunakan teknik SEO ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai manfaat SEO bagi bisnis berikut ini.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Bagi para UMKM atau pebisnis pemula, menerapkan teknik SEO dalam website Anda adalah salah satu teknik pemasaran digital yang sangat penting saat ini.

Sebab, salah satu manfaat SEO bagi bisnis yang wajib diketahui adalah dapat meningkatkan sebuah kredibilitas situs web milik Anda.

Pasalnya, sebuah situs yang memiliki ranking teratas di Google atau mesin pencari lainnya dianggap sebagai situs yang berkualitas bagus dan dipercaya kredibilitasnya.

Untuk membuat website bisnis Anda semakin bagus dan menarik perhatian user, Anda harus konsisten mengisis sebuat konten yang berkualitas di website. Jangan lupa untuk meningkatkan kecepatan akses user pada situs web Anda.

Misalnya saja, Anda ingin membangun sebuah bisnis di bidang penyedia jasa hosting dan jual beli domain website, maka Anda bisa membuat konten artikel yang mengarahkan pembaca untuk lebih mengerti apa itu hosting atau domain.

2. Meningkatkan Traffic Organik

Saat ingin mencari sebuah informasi penting, Anda tentu akan mengetik kata kunci di search engine dan memilih informasi yang muncul di halaman pertama, bukan?

Selain lebih mudah, informasi atau artikel yang ada di halaman pertama ini biasanya ada pada website yang terpercaya. Hal seperti inilah yang akan menarik pengunjung dan mendatangkan traffic organik pada website milik Anda.

Dengan cara inilah sebuah teknik SEO berperan penting untuk mengoptimalkan keyword-keyword yang relevan dalam website. Alhasil manfaat SEO bagi bisnis adalah mendatangkan sebuah traffic organik pada website kesayangan Anda.

Untuk mendapatkan potensi traffic yang lebih banyak dan meningkatkan traffic organik, maka Anda harus membuat website yang user friendly atau Google friendly.

Tak hanya traffic organik yang akan Anda dapatkan, Anda juga akan mendapatkan profit yang menguntungkan dari SEO.

3. Menghemat Biaya Promosi

Manfaat SEO bagi bisnis berikutnya adalah dengan menerapkan SEO Anda akan dapat menghemat biaya promosi bisnis. Seperti yang kita tahu, saat ini Anda juga bisa menggunakan fasilitas iklan berbayar di internet dengan waktu yang dibatasi dan hasilnya yang tidak sepadan.

Namun sebaliknya, dengan menggunakan SEO Anda dapat melakukan promosi bisnis secara gratis di mesin pencari atau search engine. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa SEO content writer atau mengikuti kursus SEO.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan sebuah keuntungan yang lebih besar menggunakan teknik SEO ini. Sebab, SEO bisa mendatangkan ribuan klik gratis di website Anda tanpa adanya batasan waktu.

Terlebih lagi, SEO juga membuat traffic organik lebih meningkat selama pengguna internet membutuhkan banyak informasi seputar bisnis yang Anda kelola.

4. Lebih Efektif Daripada Promosi Konvensional

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis baru, tentunya Anda harus tekun melakukan promosi yang menarik.

Namun saat ini, teknik promosi konvensional seperti memasang iklan dan membagikan brosur tidak terlalu memberikan kontribusi yang signifikan dibandingkan promosi di internet.

Salah satu penyebab promosi konvensional adalah tidak tepat sasaran karena menyasar target yang terlalu luas. Sementara melakukan promosi di website menggunakan SEO jauh lebih efektif karena promosi ini dilakukan tepat sasaran dan sesuai target.

Baca Juga :  Kenapa Format Gambar Selalu JFIF?

Sebab, hanya orang-orang yang memang tertarik ingin mencari tahu informasi pada bisnis Anda sehingga akan berkunjung ke website. Pasalnya, tingkat konversi dalam sebuah kunjungan ke website bisa mencapai 90%.

5. Berpromosi Tanpa Kenal Waktu

Manfaat SEO bagi bisnis berikutnya adalah membuat Anda melakukan promosi tanpa batas dan kenal waktu. Artinya Anda bisa mempromosikan website atau bisnis Anda selama 27 jam sehari dalam 1 minggu tanpa ada batasan waktu.

Dengan begitu, website Anda akan bertahan di ranking teratas search engine dan tidak akan hilang dalam semalam kecuali Anda melakukan pelanggaran dari ketentuan mesin pencari.

Jadi, setelah Anda menulis sebuah konten yang relevan dan menarik promosi bisnis Anda akan terus berjalan secara konsisten.

6. Menjangkau Konsumen Sesuai Target

Seperti yang sudah dibahas di atas, salah satu langkah penting agar website Anda mendapatkan peringkat dan traffic adalah dengan membuat konten SEO yang friendly.

Arti dari SEO content sendiri adalah Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih (keyword) dahulu sebelum menulisnya. Cara ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kata kunci yang sering dicari konsumen sesuai target.

Dengan begitu, konten website yang sudah dibuat mampu memberikan informasi dan menjangkau konsumen yang benar-benar membutuhkan sebuah produk milik Anda.

Sebab, metode SEO akan lebih mengarahkan sebuah promosi kepada pengunjung untuk mencari informasi yang lengkap.

Jadi, bisa disimpulkan manfaat SEO bagi bisnis memang dapat lebih mudah menggapai target market bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjangkau user untuk serius membeli produk yang ditawarkan.

7. Memperkuat Branding dan Citra Bisnis

Manfaat SEO bagi bisnis yang tak kalah penting dari lainnya yaitu efektif untuk memperkuat branding dan citra bisnis.

Di mana situs bisnis Anda akan selalu muncul di internet apabila konten artikel Anda muncul di halaman pertama mesin pencari. Alhasil dengan cara ini branding bisnis Anda akan semakin dikenal luas dan mampu meningkatkan awareness.

8. Menjangkau Pasar Lokal

Tak hanya dapat memperkuat branding dan awareness pada bisnis Anda, manfaat SEO bagi bisnis juga mampu memaksimalkan performa bisnis di pasar lokal.

Faktanya, metode atau teknik SEO sangat cocok dilakukan untuk para pebisnis lokal, seperti UMKM, toko franchise, dan lainnya.

Dengan melakukan teknik SEO ini Anda dapat mengoptimalkan produk Anda secara lokal dengan target pasar lokal yang tepat sasaran. Salah satunya adalah pembuatan konten yang relevan tentang isu lokal di wilayah usaha Anda berada.

Agar semakin maksimal, Anda juga bisa melakukan testimoni dengan Google Review agar kredibilitas bisnis Anda semakin menarik dan semakin meningkat.

9. Membantu Menyusun Strategi Bisnis

Memiliki sebuah strategi bisnis yang bagus adalah salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis. Salah satu manfaat SEO bagi bisnis adalah mampu membantu menyusun sebuah strategi bisnis dengan menggunakan Google Analytics.

Google Analytics sendiri adalah salah satu tools terbaik dari Google untuk mendapatkan berbagai data penting terkait website bisnis yang digunakan untuk menyusun strategi dan mengembangkan bisnis.

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda akan mendapatkan data-data penting, seperti jumlah pengunjung website, halaman situs yang paling sering dikunjungi user, durasi waktu kecepatan website, demografi pengunjung website.

10. Menjadi Investasi Masa Depan

Manfaat SEO bagi bisnis yang wajib dipahami adalah sebuah investasi jangka panjang atau investasi untuk masa depan. Di mana investasi ini akan membuahkan hasil positif bagi perusahaan untuk waktu yang lama dan organik.

Anda juga perlu tahu bahwa penerapan sebuah teknik SEO tidak dapat dilakukan secara instan. Ini dikarenakan aturan teknik SEO atau ilmu SEO selalu update dan berubah-ubah.

Namun satu hal yang harus Anda tahu bahwa jika website Anda berhasil ada di peringkat atas search engine, maka website Anda memiliki potensi berkembang yang semakin besar.

Tertarik Ingin Menerapkan Teknik SEO untuk Bisnis Online Anda?

Itulah beberapa manfaat SEO bagi bisnis yang wajib Anda ketahui jika Anda ingin menerapkannya di website. Satu hal yang perlu Anda lakukan untuk melakukan teknik SEO adalah Anda harus menerapkannya sedini mungkin dengan konsisten dan rasa sabar.

Sebab, SEO sendiri merupakan metode pemasaran digital jangka panjang yang mendatangkan profit menguntungkan dan tidak bisa dilakukan secara instan.

Jadi, sudahkah menggunakan teknik SEO untuk bisnis Anda?

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar
Feri Tekno | Feri Agency