Lainnya

Pengertian & Pentingnya SSL

Masih banyak yang belum memahami dari pengertian SSL Certificate (SSL Sertifikat) & apa saja manfaat pada website jika kita menggunakan SSL Certificate, berikut ini jawaban tepat yang bisa kamu baca.

Dalam dunia digital, kejahatan online merajalela dan selalu mengincar website-website yang memiliki celah keamanan. Salah satunya website yang tak dilengkapi SSL.

Kalau website Anda merupakan website toko online atau website bisnis, tentu berbahaya sekali, bukan?

Tapi, tahukah Anda apa itu SSL dan apa pentingnya SSL untuk website? Kita bahas dari pengertiannya terlebih dahulu…

Pengertian Apa itu SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah sistem keamanan yang akan melindungi segala pertukaran data pada website. Apabila Anda memasang SSL pada website, URL website Anda akan berubah menjadi HTTPS.

Anda bisa lihat website ini telah menggunakan SSL (ada icon gembok), bisa lihat pada gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya:

website yang menggunakan SSL https

HTTPS merupakan protokol transfer pada website yang lebih aman. HTTPS akan melindungi data-data yang Anda kirim sehingga tidak bisa dicuri atau dimanipulasi oleh hacker.

Oleh sebab itu, Anda wajib sekali menggunakan SSL untuk mengamankan website dari ancaman keamanan. Nah, lebih spesifiknya, inilah pentingnya SSL bagi website.

Fungsi SSL Certificate Pada Website

Untuk fungsi dan manfaat yang bisa Anda rasakan pada website yang menggunakan SSL Certificate, terutama pada website bisnis seperti online store, bisa simak dibawah ini:

# Mengamankan dari Pencurian Data

SSL akan melindungi website dari ancaman pencurian data. Caranya yaitu dengan mengenkripsi setiap percakapan data. Jadi, orang lain tak akan bisa menyadap data yang Anda kirim.

# Menghindari Salah Kirim Data

SSL akan memastikan data atau informasi yang dikirimkan tertuju ke server sesuai tujuan. Jadi, kemungkinan data atau informasi terkirim ke hacker bisa terhindarkan.

# Meningkatkan Reputasi Website

Jika website tidak menggunakan SSL, browser seperti chrome & firefox biasanya akan menunjukkan memberikan notifikasi bahwa website tidak aman. Sementara untuk website yang telah memakai SSL, akan ada ikon bentuk gembok terkunci pada URL website. Jadi, pengunjung tidak akan ragu untuk mengakses website website Anda.

# Meningkatkan Ranking Website di Google

Salah satu pentingnya SSL untuk website adalah mampu meningkatkan ranking website di Google. Sejak tahun 2014, Google telah menerapkan algoritma yang mengutamakan website dengan SSL. Jadi, kalau website Anda tak memakai SSL, peluang website Anda muncul di peringkat teratas semakin kecil.

Memang, SSL hanya salah satu dari banyaknya faktor penentu ranking, tapi akan lebih baik jika Anda mengaktifkan SSL (dari pada tidak memakai sama sekali).

Cari Tempat Layanan Hosting yang Menyediakan SSL Gratis

Nah, melihat pentingnya SSL bagi website sudah semestinya Anda mulai memasang SSL untuk website Anda. Sebelum ancaman keamanan menyerang website Anda, sebaiknya segera pasang SSL sekarang.

Apalagi Anda bisa mendapatkan SSL unlimited kalau pakai layanan hosting dari Niagahoster. Serunya lagi, Anda juga bisa mendapatkan paket web hosting gratis dari Niagahoster lho!

Web server yang digunakan oleh Niagahoster juga dijamin aman kok. Dengan fitur Imunify360, website Anda juga akan terlindungi dari serangan malware, DDoS, phising, dan lainnya.

Jadi, yuk pakai layanan hostingnya dan manfaatkan SSL gratis dari Niagahoster!

# Penutup

Memasang SSL juga salah satu faktor tips menjaga keamanan website Anda dari serangan malware, phising dan sejenisnya.

Bagaimana sampai sini sudah paham betapa pentingnya menggunakan SSL Certificate?. Karena masih banyak beberapa website yang menyepelekan hal ini, mulai dari sekarang ubahlah website kesayangan Anda untuk menggunakan SSL.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Feri Tekno