Lainnya

Manfaat Web Portfolio

Apa yang terlintas di benak Anda jika berbicara soal website? Sebuah halaman di internet yang membuat informasi? Benar. Hal ini yang membuat banyak pelaku bisnis membutuhkan website untuk operasional usaha. Namun kini, website juga memberikan dampak positif untuk branding diri asalkan Anda membuat portfolio website itu dengan maksimal.

Secara mudahnya, web atau website portfolio adalah platform yang berisi hasil karya seseorang atau mungkin perusahaan. Berbeda dengan blog, web portfolio lebih fokus pada kegiatan promosi sehingga disesuaikan dengan minat si pemilik website. Misalkan saja Anda fotografer, maka web portfolio jelas akan memuat dokumentasi hasil potret yang selama ini Anda lakukan.

Dengan zaman yang kini serba internet, keberadaan web portfolio dianggap sangat penting. Bahkan ada banyak sekali manfaat yang membuat siapapun wajib mempertimbangkan untuk membuat portfolio di website pribadi.

Manfaat Web Portfolio Untuk Diri Sendiri

Sebagai personal branding, saat ini banyak milenial junior atau generasi Z senior yang disarankan untuk memliki website. Bahkan kalangan freelancer atau mereka yang sudah berpengalaman di lingkungan kerja pun tak ada salahnya mulai membuat portfolio website masing-masing. Memang apa sih manfaatnya? Berikut ulasannya!

1. Menyimpan Hasil Kerja

Inilah manfaat pertama yang bakal didapatkan saat memiliki web portfolio. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, web portfolio akan memuat berbagai karya yang sudah Anda lakukan. Para content creator jelas akan memperoleh manfaat paling besar karena bisa saja mereka memasang tulisan, foto, video atau hal lain di website.

Dengan mengunggah karya di website, maka akan bisa diakses kapanpun dan di manapun. Tak hanya karya saja, Anda juga bisa pamer pencapaian seperti kemenangan atau penghargaan dalam sebuah kompetisi.

2. Meningkatkan Personal Branding

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, membuat portfolio website sudah pasti meningkatkan personal branding. Anda seorang freelancer akan dianggap lebih profesional karena siapapun bisa melihat hasil karya Anda. Ketika personal branding meningkat, Anda tentu bisa bebas menetapkan tarif produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Dapat Tawaran Kerja

Dan inilah manfaat terakhir dari memiliki web portfolio, yakni bikin Anda cepat dapat kerja. Banyak HR (Human Resource) yang berniat merekrut calon karyawan karena terpikat dengan karya mereka di website. Begitu pula akan banyak calon klien yang tertarik dengan kemampuan Anda dan rela membayar cukup mahal demi memperoleh hasil sebagus di web portfolio.

Tak heran kalau banyak influencer yang akhirnya mengelola web portfolio pribadi supaya bisa menarik perhatian klien lebih luas. Dimana akhirnya berdampak positif ke penghasilan.

Jika Anda membuat website portfolio menggunakan plugin Elementor, bisa download elementor pro secara gratis yang saya berikan (kami membeli dan mengunduhnya dari pengembang asli).

Domain, Kunci Penting Membuat Portfolio Web

Lantaran memiliki banyak sekali manfaat, mempertimbangkan memiliki web portfolio bukanlah sesuatu yang bisa ditunda. Lantas apa yang harus dipersiapkan pertama kali saat ingin memiliki website portfolio? Jawabannya adalah domain.

Domain adalah nama yang diberikan untuk mendeteksi sebuah jaringan alih-alih harus menghapal deret nomor IP (Internet Protocol). Bak alamat rumah, domain sangat penting supaya pengguna internet bisa mampi ke web portfolio. Untuk itulah dalam memilih domain jelas tak bisa dilakukan dengan sembrono karena akan membuat web portfolio tidak menarik.

Menawarkan solusi, Niagahoster pun hadir dalam layanan penjualan domain berbagai ekstensi. Tak perlu cemas, Niagahoster jual domain murah yang pastinya bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan calon konsumen. Karena bagi Niagahoster, siapapun wajib mulai membuat portfolio website masing-masing, demi bersaing di era serba internet saat ini.

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Feri Tekno