Search
Close this search box.

Cara Mencari Lokasi ATM Mandiri Terdekat

Bagaimana sih cara mencari lokasi ATM Mandiri terdekat? Pertanyaan ini mungkin terdengar sepele bagi kamu. Tapi kenyataannya, banyak yang melontarkan pertanyaan semisal itu karena memang kesulitan untuk menemukan lokasi ATM dari posisinya saat itu.

Jika kamu sudah lama menggunakan kartu ATM Mandiri, tentu sudah terbiasa mendatangi mesin ATM Mandiri yang lokasinya dekat dari tempat tinggalmu. Sebab sedikit banyaknya, tentu kamu butuh untuk bertransaksi menggunakan mesin ATM tersebut.

Tapi beda kondisinya jika kamu kebetulan berada di daerah yang lain atau sedang melakukan perjalanan. Saat ingin bertransaksi menggunakan mesin ATM Bank Mandiri, tentu kamu harus mencari lokasi mesin ATM tersebut terlebih dahulu.

Nah, bagaimanakah cara mencari lokasi ATM Mandiri terdekat dari posisi atau lokasi kamu saat itu? Mudah kok, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan. Yuk simak detail ulasan mengenai tata caranya.

Cara Mencari Lokasi ATM Bank Mandiri Terdekat

1. Bertanya Kepada Warga Sekitar

Cara paling mudah dan praktis yang bisa kamu lakukan untuk mencari lokasi ATM Mandiri terdekat dari posisi kamu saat itu adalah dengan bertanya kepada warga sekitar. Tentunya rata-rata warga sekitar mengetahui lokasi mesin ATM tersebut.

Jika kamu ingin bertanya kepada seseorang, jangan lupa dengan etika dan sopan santun ketika bertanya. Sebab bagaimanapun, kamu adalah orang asing di lokasi tersebut saat itu. Bertanya dengan sopan akan menghindarkan kamu dari masalah yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan Google Maps

Jika HP yang kamu gunakan terhubung dengan internet, maka kamu bisa memanfaatkan Google Maps untuk melakukan pencarian lokasi ATM yang terdekat dari posisi atau lokasi kamu saat ini.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka aplikasi Google Maps di HP yang kamu gunakan.
  • Setelah terbuka, ketikan kata kunci ‘ATM Mandiri Terdekat’ di fitur pencarian Google Maps.
  • Nantinya Google Maps akan melakukan pencarian dan memunculkan hasilnya.
  • Hasil pencarian akan menyebutkan lokasi ATM Mandiri terdekat beserta jaraknya dari lokasi kamu.
  • Selanjutnya, klik tombol Rute (warna biru) yang terlihat pada hasil pencarian tadi.
  • Google Maps akan memperlihatkan rute yang harus dilalui menuju ATM Mandiri tersebut, lengkap dengan estimasi waktu tempuh.
  • Terakhir, klik tombol Mulai (warna biru) untuk mendatangi lokasi ATM Mandiri terdekat tersebut.

3. Menggunakan Mesin Pencari Google

Mencari lokasi ATM Mandiri yang terdekat dari lokasi atau posisi kamu menggunakan HP tidak sebatas menggunakan bantuan aplikasi Google Maps. Sebab, kamu juga bisa mencari lokasinya menggunakan mesin pencari Google.

Jika ingin mulai melakukan pencarian, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini :

  • Pertama, buka browser atau peramban yang sering kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya selama ini.
  • Setelah itu, ketikan google.com (jika kamu menggunakan browser Google Chrome, biasanya laman utamanya secara default adalah mesin pencari Google).
  • Ketikkan kata kunci ‘ATM Mandiri Terdekat’ di mesin pencari tersebut.
  • Hasil pencarian akan menyebutkan daftar lokasi ATM terdekat beserta rute yang bisa kamu ikuti.
  • Klik saja tombol RUTE yang tertera di bagian ujung dari setiap lokasi yang disebutkan pada hasil pencarian.
  • Tinggal ikuti rute yang dituntunkan menuju lokasi ATM Mandiri terdekat dari posisi kamu saat ini.
Baca Juga :  √ [Terbaru] 2 Cara Ganti PIN SMS Banking BNI

4. Menggunakan Website Resmi Mandiri

Mencari lokasi ATM Mandiri terdekat dari posisi kamu saat ini bisa dilakukan juga dengan bantuan website resmi Mandiri. Untuk itu, kamu perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka browser atau peramban yang sering kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya selama ini.
  • Ketikkan url bankmandiri.co.id di browser tersebut.
  • Setelah laman website tersebut terbuka secara sempurna, klik ikon lokasi yang terletak di bagian paling atas. Posisi ikon tersebut pas di sebelah ikon kalkulator.
  • Selanjutnya, klik tab ATM.
  • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan tulisan ‘Penyesuaian Operasional ATM’.
  • Di bawah tulisan tersebut terdapat daftar layanan ATM Mandiri di seluruh Indonesia. Cari lokasi Sulawesi Selatan, lalu klik Unduh Dokumen.
  • Setelah proses unduh selesai, buka dokumen tersebut dan cari lokasi ATM Mandiri yang kamu inginkan.

5. Menggunakan Layanan Google Assistant

Cara paling terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencari lokasi ATM Mandiri terdekat adalah dengan menggunakan bantuan Google Assistant. Cara ini tidak sulit dilakukan, bahkan tergolong sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, pastikan Fitur Assistant Voice Match di HP kamu aktif.
  • Ucapkan ‘Ok Google’.
  • Lanjutkan dengan mengucapkan ‘ATM Mandiri terdekat’.
  • Google akan menampilkan hasil pencarian beberapa lokasi ATM Mandiri terdekat dari posisi kamu.
  • Klik saja satu lokasi ATM yang terlihat.
  • Alamat lengkap ATM tersebut akan terlihat di tampilan layar HP kamu.
  • Jika ingin diarahkan langsung, klik ‘Directions’.
  • Lanjutkan dengan klik tombol ‘Mulai’.
  • Ikuti rute yang dituntunkan agar kamu sampai di lokasi ATM Mandiri tersebut.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan lokasi ATM Mandiri terdekat dari posisi atau lokasi kamu saat ini. Caranya sangat mudah bukan?

Tips Aman Bertransaksi di ATM Bank Mandiri

Setelah berada di lokasi ATM Mandiri terdekat, selanjutnya tentu kamu ingin bertransaksi di mesin ATM tersebut. Agar kamu terhindar dari kejahatan, pastikan untuk menerapkan tips aman bertransaksi di ATM Mandiri berikut ini :

1. Pastikan Lokasi ATM Aman

Sebelum mulai memasuki mesin ATM, pastikan lokasi mesin tersebut berada di daerah yang aman. Hindari bertransaksi di ATM yang lokasinya agak jauh dari keramaian, kecuali kamu bisa memastikan keamanannya. Jika tidak, sebaiknya cari lokasi ATM lainnya.

2. Jaga Kerahasiaan PIN ATM Kamu

Setelah memasukkan kartu ATM Mandiri ke mesin ATM, tentu kamu harus memasukkan PIN terlebih dahulu sebelum melanjutkan transaksi. Nah, jangan tergesa-gesa memasukannya sebelum memastikan kondisi di sekitar kamu.

Jika di sekitar kamu ada orang, pastikan kamu mengetikkan PIN ATM secara sembunyi-sembunyi. Bila perlu rapatkan badan kamu ke mesin ATM atau menutupkan satu tangan di posisi tombol-tombol mesin ATM ketika kamu mengetikkan PIN.

3. Jangan Langsung Tinggalkan ATM

Setelah selesai bertransaksi, jangan terburu-buru meninggalkan mesin ATM. Pastikan kamu sudah mengambil uang dan kartu ATM. Jika kamu tergesa-gesa pergi, dikhawatirkan kamu melupakan salah satu dari keduanya.

Jika kamu lupa mengambil uang dan nilainya kecil, mungkin kerugian kamu tidak seberapa. Tapi jika yang kamu lupa adalah kartu ATM, tentu seluruh isi tabunganmu bisa ludes. Apalagi jika orang yang menemukan kartu ATM tersebut bukan orang jujur.

Demikianlah ulasan mengenai 5 cara mencari lokasi ATM Mandiri terdekat dan tips aman bertransaksi di ATM. Semoga ulasan di atas bermanfaat, khususnya bagi kamu yang memang membutuhkan informasi tersebut.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar