Search
Close this search box.

Akun Facebook di Hack?

Bagaimanakah ciri ciri Facebook dihack dan cara mengatasinya? Pertanyaan ini penting untuk dijawab. Tujuannya tentu saja agar kamu tahu ketika akun FB kamu dihack / dibajak, sehingga bisa melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasinya.

Banyaknya kejadian akun Facebook dihack (dibajak) oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tentu meresahkan. Sebab, bukan hanya data-data akun tersebut yang dicuri, tapi terkadang akun FB tersebut disalahgunakan untuk hal-hal negatif yang efek buruknya justru kembali kepada pemilik akun asli.

Oleh karena itu, hendaknya setiap pemilik akun FB berhati-hati dan waspada dari aktivitas hack yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan melakukan upaya pencegahan sedini mungkin.

Inilah Ciri Ciri Akun Facebook di Hack (Dibajak)

ciri ciri akun fb di hack

Agar bisa melakukan penanganan secepat mungkin, sangat penting untuk mengetahui ciri ciri akun Facebook yang dihack. Berikut ciri-ciri yang bisa dijadikan sebagai patokan Anda :

1. Nama Profile Berubah

Setiap akun FB tentu memiliki nama profile yang dikenal dengannya. Nah, ketika seseorang menghack akun FB orang lain, biasanya yang paling pertama dilakukannya adalah merubah nama profile akun tersebut.

Oleh karena itu, salah satu ciri ciri Facebook dihack adalah berubahnya nama profile akun dari FB tersebut.  Jika kamu melihat nama profile akun Fb kamu berubah dalam keadaan kamu yakin tidak pernah merubahnya, pertanda akun FB kamu sudah diretas atau dihack orang lain.

2. Foto Profile Berubah

Selain merubah nama profile, foto profile juga merupakan hal yang paling sering dirubah oleh orang yang meretas atau melakukan hack terhadap akun FB orang lain. Oleh karena itu, pastikan foto profile FB kamu masih sama dengan yang terakhir kamu gunakan.

3. Mengunggah Foto dan Video Dewasa

Jika kamu melihat adanya unggahan foto atau video dewasa di akun Facebook kamu, bisa dipastikan akun kamu sedang dihack atau diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu hal tersebut membuat kamu malu, karena bisa saja teman-teman kamu menyangka kalau kamu yang melakukan unggahan tersebut.

Oleh karena itu, pastikan selalu mengecek akun FB kamu untuk memastikan tidak ada aktivitas yang kurang wajar. Jika ada sesuatu yang terjadi, segeralah lakukan klarifikasi untuk menghilangkan persangkaan jelek orang lain terhadap kamu.

4. Membuat Status Sembarangan

Terkadang kamu dikejutkan ketika sebagian teman menelpon untuk mempertanyakan status terbaru kamu di FB. Padahal, seingatmu tidak pernah melakukan update status. Jika status yang terupdate tersebut normal, tentu tidak akan ada yang mempertanyakan hal tersebut karena dianggap wajar.

Adanya pertanyaan dari sebagian teman kamu menunjukkan kalau status tersebut tidak wajar alias sembarangan, bahkan cenderung negatif. Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan kalau akun Facebook kamu sedang dihack atau diretas oleh orang lain.

5. Mengirim Pesan Tidak Jelas

Ketika sebagian teman kamu mengeluhkan atau mempertanyakan pesan terbaru yang kamu kirimkan, padahal seingatmu tidak pernah melakukan hal tersebut, maka bisa dipastikan kalau akun Facebook milik kamu sedang diretas atau dihack oleh orang lain.

Hal ini memang cukup berbahaya, karena bisa saja kiriman pesan terbaru kepada teman atau orang-orang yang kamu kenal berisikan hal-hal kurang bagus yang justru menyebabkan permusuhan dan pertikaian dengan orang lain.

Lebih jelek lagi jika pesan yang terkirim tersebut untuk meminjam uang yang disangka oleh teman jika kamu yang meminjamnya. Akibatnya, kamu harus menanggung perbuatan yang tidak pernah kamu lakukan.

6.  Spam di Komentar Orang Lain

Jika tiba-tiba akun FB milikmu melakukan spam di komentar orang lain, pertanda kalau akun Facebook kamu lagi dihack atau diretas. Ironis memang, karena orang-orang akan beranggapan jelek kepadamu akibat komentar spam yang tidak pernah kamu lakukan.

7. Akun Kamu Sedang Online

Jika akun Facebook kamu terlihat online padahal kamu sedang tidak online, maka bisa dipastikan kalau akun milikmu sedang dihack atau diretas. Untuk memastikannya, coba minta tolong kepada teman untuk mengeceknya.

8. Email atau Kata Sandi Berubah

Jika kamu mendapatkan informasi perubahan email atau kata sandi akun Facebook milikmu, padahal kamu merasa tidak pernah melakukannya, maka itu pertanda kalau akun kamu sedang dihack atau diretas oleh hacker.

Perubahan email atau kata sandi akun Facebook sengaja dilakukan oleh hacker tersebut karena ingin mengambil alih akun FB  kamu sepenuhnya. Jika hal itu terjadi, kamu harus segera melakukan penanganan yang tepat untuk menghentikannya.

Hal-hal Penting Dilakukan Ketika Akun FB Kamu Dihack

solusi akun fb di hack

Setelah kamu melihat ciri ciri Facebook dihack, sebaiknya segera lakukan beberapa solusi langkah penting di bawah ini :

1. Jangan Panik

Ketika sudah memastikan akun Facebook kamu dihack orang yang tidak bertanggung jawab, pastikan kamu tidak panik. Cobalah duduk sejenak dan tenangkan diri. Jika kamu seorang muslim, kamu bisa pergi berwudhu dan mengerjakan sholat sunnah untuk menenangkan diri.

Rasa panik yang muncul tidak akan membantu sama sekali, justru akan membuat masalah semakin runyam. Bahkan, terkadang kamu bisa salah mengambil langkah jika dilakukan dalam keadaan panik dan terburu-buru.

Setelah kamu merasa tenang, tentu kamu sudah bisa berpikir jernih. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dalam mengambil langkah selanjutnya yang diperlukan untuk mengatasi masalah akun FB kamu yang dihack tersebut.

Baca Juga :  √ Cara Upload & Posting Gambar GIF [Bergerak] di Facebook

2. Buat Klarifikasi

Ketika akun Facebook kamu dihack, dikhawatirkan akun tersebut digunakan untuk hal-hal yang kurang bagus atau malah bersifat kejahatan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan menimpa kamu, segeralah buat klarifikasi atas hal tersebut.

Jika kamu memiliki akun FB yang lain, kamu bisa melakukan klarifikasi melalui akun tersebut. Jika tidak ada, kamu bisa melakukan klafirikasi melalui akun FB keluarga atau teman.

Sampaikan dalam klarifikasi tersebut bahwa akun kamu tersebut sedang diretas atau dihack orang lain.  Sehingga, aktivitas apapun yang berhubungan dengan akun FB tersebut di luar tanggung jawab kamu.

Dengan adanya klarifikasi tersebut, para pengguna Facebook lain khususnya teman-teman kamu di FB bisa berhati-hati. Jika akun tersebut digunakan untuk kejahatan, kamu sudah aman dari pertanggungjawaban dengan adanya klarifikasi sebelumnya.

3. Ambil Kembali Akun Facebook Kamu

Setelah melakukan klarifikasi, barulah kamu bisa melakukan langkah ketiga ini, yaitu mencoba untuk mengambil kembali akun yang diretas atau dihack tersebut.

Jika akun yang dihack tidak begitu penting bagi kamu, bisa saja kamu memilih untuk mengabaikan dan membiarkan akun tersebut diambil hacker.

Hanya saja, kamu tetap perlu membuat klarifikasi yang menyebutkan kalau kamu sudah tidak peduli dengan akun FB tersebut dan tidak berniat sama sekali untuk mengambilnya kembali.

Tapi jika akun tersebut penting, terlebih lagi jika kamu menggunakannya untuk keperluan bisnis, maka sebaiknya kamu mengambil alih kembali akun tersebut.

Tidak sulit kok untuk mengambil kembali akun kamu yang sudah diretas atau dihack. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan :

# Cek Email

Ketika kamu melihat ciri ciri Facebook dihack, segeralah periksa email yang kamu gunakan untuk mendaftar Facebook. Sebab, biasanya pihak Facebook akan mengirimkan pemberitahuan melalui email ketika melihat ada aktivitas mencurigakan pada akun kamu.

Kamu juga bisa menggunakan opsi Lupa kata sandi jika kamu sudah tidak bisa login ke akun FB kamu menggunakan email dan kata sandi yang selama ini kamu gunakan untuk login.

# Ganti Kata Sandi

Setelah sukses melakukan langkah pertama di atas, segera ganti kata sandi yang digunakan. Hal ini penting dilakukan agar hacker tidak bisa membobol kembali akun FB kamu. Sebaiknya kamu menggunakan kata sandi yang rumit dan sulit untuk ditebak.

Jangan pernah membuat kata sandi menggunakan nama, tanggal lahir, nama email, dan nomor telepon. Sebab, kata sandi yang seperti itu mudah untuk ditebak.

Hindari juga menggunakan kata sandi yang sama dengan data login ke akun lain seperti email, bank, atau media sosial lainnya. Karena jika akun FB kamu dibobol oleh hacker, tentu hacker tersebut bisa membobol akun-akun penting lainnya yang kamu miliki dengan mudah.

# Pulihkan Akun Facebook

Jika masih kesulitan untuk mengambil kembali akun Facebook kamu menggunakan dua langkah yang disebutkan di atas, maka kamu bisa menempuh cara lain yaitu dengan memilih opsi memulihkan akun. Untuk melakukannya, kamu perlu mengunjungi laman facebook.com/login/identify

Tinggal cari saja akun kamu yang sudah dihack tadi dengan menggunakan nama, email, ataupun nomor telepon yang terdaftar. Setelah menemukannya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan oleh Facebook sampai akun FB kamu bisa diakses kembali.

# Minta Bantuan Keluarga atau Teman

Kamu juga bisa mengambil kembali akun FB yang dihack menggunakan bantuan keluarga atau teman. Dalam hal ini, bantuan keluarga atau teman FB diperlukan dalam verifikasi yang nantinya harus dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan :

  • Pertama, cari akun FB kamu berdasarkan nama, email, atau nomor telepon yang telah terdaftar.
  • Setelah menemukannya, lanjutkan dengan mengklik ikon tiga titik vertikal yang terletak di bagian bawah profil.
  • Setelah itu, pilih opsi Cari dukungan atau laporkan profil.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Saya tidak dapat mengakses akun saya.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik
  • Klik opsi Recover this account, lalu pilih Akun ini tidak lagi dapat diakses.
  • Selanjutnya, kamu perlu memasukkan email dan password yang telah kamu ubah sebelumnya, lalu klik Selanjutnya.
  • Nantinya pihak Facebook meminta kamu melakukan verifikasi dengan bantuan keluarga atau teman Facebook kamu.
  • Lakukan saja hal-hal yang diminta sampai kamu bisa mengakses kembali akun Facebook yang dihack.

# Laporkan Akun

Jika kamu masih belum bisa mengambil alih kembali akun FB yang dihack setelah melakukan semua langkah-langkah yang disebutkan di atas, maka langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah melaporkan akun yang dihack tersebut ke pihak Facebook.

Untuk membuat pelaporan, kamu hanya perlu mengunjungi laman facebook.com/hacked. Setelah laman tersebut terbuka sempurna,  selanjutnya kamu hanya perlu memilih opsi Akun saya dibobol. Nah, ikuti saja langkah-langkah yang diminta oleh Facebook.

Cara Mengamankan Akun FB dari Hacker

cara mengamankan akun fb di hack

Sebelum akun FB kamu diretas oleh hacker atau setelah mengambil kembali akun FB kamu yang sebelumnya diretas oleh hacker, sebaiknya kamu segera melakukan langkah-langkah untuk mengamankan akun FB kamu dari serangan hacker.

Dalam hal ini, kamu perlu melakukan pengaturan pengamanan akun. Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, login ke akun Facebook kamu, lalu masuk ke Pengaturan.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan memilih Kata sandi dan keamanan.
  • Klik pada opsi Periksa Pengaturan Keamanan Penting Anda.
  • Scrol ke bawah, lalu klik opsi Aktifkan autentikasi dua faktor. Dengan memilih opsi ini, pihak Facebook akan meminta kode jika terlihat adanya upaya login dari perangkat atau browser yang tidak dikenal.
  • Selanjutnya, klik tombol Mulai, lalu centang pada opsi Pesan Teks (SMS), lalu klik tombol Lanjut.
  • Setelah itu, Facebook akan memperlihatkan nomor telepon yang pernah digunakan untuk mendaftar Facebook. Nantinya nomor itu yang juga dipergunakan untuk autentikasi dua faktor. Jika sudah oke, silahkan klik Lanjut.
  • Nantinya Facebook akan mengirimkan 6 digit kode ke nomor tersebut. Nah, masukkan 6 digit tersebut, lalu klik Lanjut.
  • Ikuti saja setiap langkah-langkah yang diminta, sampai proses autentikasi dua faktor selesai dilakukan.
  • Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, dijamin akun Facebook kamu lebih aman dari serangan hacker.

Demikianlah ciri ciri Facebook dihack, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengambil kembali akun yang sudah dihack, dan cara mengamankan akun FB kamu dari serangan hacker. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar