Media Sosial

WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Teman-teman sedang mencari tutorial seperti di pembahasan judul (whatsapp tidak bisa video call)? silahkan bisa langsung ke tutorialnya dibawah jika kalian malas membaca penjelasan awal ini, yang terpenting saat di tutorialnya kalian wajib untuk membacanya juga ya!.

Seperti yang sudah kita ketahui, media sosial whatsapp memang paling populer apalagi semenjak dirilisnya di Indonesia, kini whatsapp bisa diakses oleh siapa saja dan terbilang ringan dalam menggunakan aplikasi ini.

Hal tersebut bisa dibuktikan bahwa yang mengunduh media sosial yang satu ini sudah banyak sekali, bahkan baru pertama kali dirilis saja sudah banyak yang mengunduh tidak seperti halnya media sosial lainnya yang butuh waktu lama baru banyak yang install.

Selain dari unduhan, fitur yang terdapat dari whatsapp pun juga sangat menarik, seperti halnya kita bisa voice call, video call, chattingan, mengirim stiker lucu dan beberapa fitur menarik lainnya. Terlebih lagi whatsapp tidak ada iklan, sehingga sangat mempermudah penggunanya dalam mengakses media sosial ini.

Tetapi ngomong-ngomong tentang whatsapp, mungkin hal ini sering terjadi dari beberapa orang yang menggunakannya, seperti halnya ia selalu mengeluh tidak bisa video call.

Yaa kalian tau sendiri dong video call yang paling bagus media sosial hanya di whatsapp saja, dengan melakukan video call kita bisa saling berkomunikasi oleh teman dengan tatapan wajah atau area sekitar walaupun itu berjarak jauh dari kita.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Panggilan Video (Call)

Jadi pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips sedikit mengenai whatsapp yang tidak bisa melakukan panggilan video, hal ini juga pernah terjadi pada diri saya sendiri dan saya mencobakan berbagai cara alhasil berhasil jugalah untuk memperbaikinya.

Disini saya juga akan mengulasnya beberapa metode yang bisa kamu coba, jadi tidak hanya 1 (satu) metode saja melainkan beberapa metode yang bisa kamu coba yaa gaess, berikut ulasan lengkapnya yang bisa kamu lakukan.

Bisa diterapkan pada semua jenis hp, mau itu android (samsung, oppo, vivo, realme, advan, xiaomi, dsb). Serta bisa diterapkan pada ios. Disini saya praktekan pada pengguna android, bagi pengguna ios tinggal menyesuaikan sendiri ya!.

#Metode Pertama: Lakukan Restart HP

Pada metode atau cara pertama ini kalian bisa melakukan Restart pada smartphone kamu, kemudian setelah menyala cobalah melakukan panggilan video whatsapp, semoga dapat diatasi.

Jika masih tidak bisa juga, coba kamu matikan smartphone kamu lalu cabut semua perangkat yang terhubung seperti baterai, sim card dan memory card lalu diamkan selama 3 menit.

Setelah berselang 3 menit cobalah kamu hubungkan kembali perangkatnya lalu nyalakan juga handphonenya, semoga dapat diatasi yaa gaess.

#Metode Kedua: Periksa Jaringan Internet

Mungkin ini sudah hal umum diketahui banyak orang, karna jika kita menggunakan jaringan internet yang lemot, tentu proses suatu data akan menjadi lambat, apalagi untuk melakukan video call, pastinya membutuhkan internet yang stabil (tidak lemot).

Pastikan kondisi internet kalian masih dalam keadaan stabil, jika stabil tetapi tidak bisa melakukan video call, ikuti lagi beberapa cara dibawah ini (secara berurutan sampai benar-benar bisa!).

#Metode Ketiga: Update Aplikasi WhatsApp

Aplikasi yang jarang melakukan update tentu akan banyak bug dan ketinggalan fitur, jadi pilihan yang tepat untuk langkah ketiga ini adalah dengan mengupdate aplikasi whatsapp di playstore.

Coba kalian lakukan update terlebih dahulu ya!. Jika sudah di update tapi masih belum berhasil, ikuti lagi langkah keempat dibawah ini (sampai benar-benar bisa!).

#Metode Keempat: Hapus Cache Pada Aplikasinya

File cache ini memang sangat berguna sekali untuk menjalankan suatu aplikasi, namun jika kita diamkan file ini akan terus menumpuk bahkan dampaknya akan memperlambat kinerja smartphone.

Jadi pilihan yang tepat adalah kita harus sering-sering hapus file cache, bisa secara manual (satu persatu aplikasi) ataupun secara otomatis (menggunakan aplikasi cleaner).

Untuk secara otomatisnya kalian bisa install aplikasi ccleaner di playstore ataupun sejenis aplikasi cleaner, biasanya aplikasi cleaner ini sudah ada di hp Anda, jika tidak ada bisa download sendiri di playstore.

Untuk secara manualnya, kalian harus satu persatu aplikasi untuk hapus cache, karna kita masalahnya hanya di aplikasi whatsapp, maka hapus file cache cukup di aplikasi whatsapp (alangkah baiknya hapus cache pada semua aplikasi).

Berikut dibawah ini untuk menghapus file cache secara manual, untuk tampilan settings hp android tentunya setiap hp akan berbeda tampilannya, kalian bisa menyesuaikan sendiri dengan tampilan di hp saya ya!.

Buka aplikasi PengaturanPengaturan LainnyaPengelola Aplikasi ▷ lalu kamu cari aplikasi WhatsAppnyaPenyimpanan ▷ lalu pilih Hapus Cache.

hapus cache whatsapp

#Metode Kelima: Hapus Data Aplikasi

Kalau masih tidak bisa juga? coba deh kamu lakukan hapus data. Dengan melakukan cara ini nanti kamu dibutuhkan login kembali pada akun, karena ia akan menghapus basis data seperti halnya basis login, basis akun dan sebagainya.

Tetapi tenang aja kontak kamu tidak akan hilang, tetapi seperti halnya saja menginstall aplikasi baru yang harus membutuhkan login kembali.

Sebelum melakukan hal ini, kalian harus backup terlebih dahulu chattingannya, biasanya kalau login ulang akan hilang chattingan kita yang terbaru, pastikan kalian backup terlebih dahulu ya!. Begini caranya:

Buka aplikasi WhatsAppSetelanChatCadangan ChatCadangkan (backup).

cadangan backup chat whatsapp

Setelah backup, kalian bisa lanjut untuk menghapus data aplikasi whatsappnya. Untuk melakukannya silahkan kamu ikuti metode dibawah ini, jika terdapat sedikit perbedaan pengaturan hp saya dengan pengaturan hp kamu, tinggal sesuaikan sendiri saja yaa.

Buka aplikasi PengaturanPengaturan LainnyaPengelola Aplikasi ▷ lalu kamu cari aplikasi WhatsAppnyaPenyimpanan ▷ lalu pilih Hapus Data.

hapus data whatsapp

#Terakhir: Hapus Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Langkah yang terakhir ini sepertinya smarpthone kamu tidak dapat memproses dikarenakan penyimpanan yang terlalu minim.

Jika benar spesifikasi hp kamu terlalu kecil alangkah baiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai lagi, karena itu hanya memakan daya kapasitas penyimpanan saja.

Penting: Jangan Lakukan Reset (Recovery) HP

Banyak beberapa situs lain yang menganjurkan untuk melakukan recovery hp (pengaturan pabrik), jadi intinya hp kalian akan seperti semula tidak ada aplikasi install-an dan juga kontak hp akan hilang semuanya ludes!.

Karena ini masalahnya hanya di video call whatsapp yang tidak berfungsi, jadi jangan aneh-aneh untuk melakukan recovery. Kecuali hp kalian memang terkena virus atau ada salah satu file bawaan yang terhapus, silahkan saja jika mau melakukan recovery.

Dengan syarat, file penting dan kontak hp harus kalian backup terlebih dahulu, supaya tidak terhapus secara tiba-tiba.

Teman-teman sudah tau belum cara menggunakan vpn tanpa aplikasi? jika belum tau silahkan lihat artikelnya (khusus pengguna hp android).

Seputar Pertanyaan

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Video Call?

Hal paling umum biasanya koneksi internet yang tidak stabil ataupun aplikasi whatsapp Anda tidak melakukan update.

Bagaimana Cara Memperbaiki WhatsApp yang Tidak Bisa Video Call

Untuk memperbaikinya seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial ini, dijamin 100% berhasil. Pastikan kalian ikutinya secara berurutan ya!.

Apakah Bisa Diterapkan Pada HP Android?

Tentu saja ini bisa diterapkan pada semua merk hp android seperti samsung, xiaomi, oppo, vivo, advan, realme, dsb... Tak hanya android saja, iphone juga bisa kalian terapkan pada tutorial ini.

Apakah Ini Bisa Diterapkan Pada WhatsApp Tidak Bisa Panggilan Suara?

Pada artikel ini membahas untuk solusi yang tidak bisa video call (panggilan video), jika kalian bermasalahnya di panggilan suara, bisa juga menggunakan metode ini, karna penyelesaiannya tidak jauh berbeda.

Akhir Kata

Nah itu dia ada beberapa metode penyelesaian yang bisa kamu terapkan mengenai whatsapp yang tidak dapat panggilan video, cara memperbarui whatsapp agar bisa video call, video call whatsapp tidak muncul gambar, wa tidak bisa video call hp xiaomi, atau kenapa tdk bisa video call di whatsapp, semoga dengan cara diatas dapat membantu.

Andai kata kamu sudah mengikuti semua cara diatas masih tidak bisa juga, pasti kamu bohong hehehe, karena semua cara diatas sudah pasti bisa diatasi enggak mungkin tidak bisa yaa.

Mungkin itu saja yaa teman-teman selamat untuk mencobanya, jika berkenan boleh dong bantu kami juga untuk melakukan share artikel ini supaya teman kalian juga mengetahui cara memperbaikinya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!