Gadget

Play Store Tidak Bisa Dibuka

Sedang mencari tutorial seperti judul diatas (play store tidak bisa dibuka)? silahkan teman-teman bisa langsung ke tutorialnya dibawah, jika kalian malas membaca penjelasan awal, yang terpenting saat ditutorialnya kalian harus baca semuanya karna disitu banyak point penting.

Ketika kita ingin mendownload aplikasi baik yang berbayar maupun gratis tentu para pengguna smartphone tidak jauh dari namanya playstore yang sebagai jantungnya hp android.

Semua aplikasi yang didownload dari playstore pasti akan aman dan tidak ada virus, namun kalau kita download diluar playstore (misalnya dari browser) pasti ada salah satu aplikasi yang merupakan sebagai virus, oleh karena itulah playstore salah satu toko aplikasi di smartphone yang paling aman dari virus.

Namun sayangnya banyak pengguna android yang mengeluh karena playstore mereka tidak bisa diakses ataupun tidak bisa dibuka, tentu hal tersebut kita akan susah untuk menginstall suatu aplikasi.

Ada kah cara atasinya? tentu saja ada dong, nah silahkan teman-teman baca semua penjelasan dibawah ini ya!, karna dibawah ini banyak point-point pentingnya.

Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka / Keluar Sendiri (Force Close)

Ingat ya!, tutorial ini khusus play store terhenti tidak bisa dibuka sama sekali (force close), bukan play store tidak bisa mendownload aplikasi.

Ketika kalian membuka playstore, dia akan force close dengan sendirinya (keluar tiba-tiba / mendadak). Jika teman-teman mengalaminya, silahkan diterapkan beberapa metode dibawah ini ya!.

#Metode Pertama: Cek Koneksi Internet

Untuk metode pertama ini pastinya koneksi internet kalian harus stabil (jangan dalam keadaan down / lemot), apalagi jika ingin membuka playstore, pastinya internet harus stabil.

Jika internet kalian tidak stabil, cobalah minta hotspot/wifi sama teman untuk sementara, siapa tau bisa deh kebuka playstorenya.

#Metode Kedua: Hapus Cache (File Sampah)

Masih belum berhasil pada metode pertama padahal internet sudah kencang namun belum bisa kebuka juga? silahkan teman-teman lakukan penghapusan cache (file sampah) untuk aplikasi playstore-nya saja ya!.

Untuk penghapusan cache aplikasi bisa menggunakan aplikasi cleaner tambahan, jika kalian belum punya kita pakai cara manual saja.

Mungkin versi pengaturan hp saya berbeda dengan versi kalian, silahkan tinggal menyesuaikan sendiri saja ya!.

Buka PengaturanPengaturan LainnyaPengelola Aplikasi ▷ cari Google Play StorePenyimpananHapus Cache.

play store terhenti tidak bisa dibuka - hapus cache

Setelah melakukan penghapusan cache, lakukan restart hp terlebih dahulu. Setelah itu cobalah buka playstore, semoga berhasil!.

#Metode Ketiga: Mengatur Tanggal dan Waktu

Masih enggak bisa juga padahal sudah hapus cache? coba deh kalian cek tanggal & waktu salah atau tidak, jika salah silahkan disetting yang benar.

Karna tanggal & waktu ini suatu waktu bisa saja berubah, misalnya seperti kalian mencabut sim card lalu menghidupkan hp-nya lagi, pastinya tanggal dan waktu akan berubah.

Untuk mengubah tanggal & waktu silahkan ikuti tutorial ini. Mungkin versi pengaturan saya akan berbeda dengan versi kalian, tinggal kalian menyesuaikan saja ya!.

Buka PengaturanPengaturan LainnyaTanggal dan Waktu ▷ silahkan setting waktu & tanggalnya yang benar.

play store terhenti tidak bisa dibuka - atur tanggal waktu

#Metode Keempat: Gunakan VPN

Masih enggak bisa juga padahal tanggal dan waktu sudah benar? cobalah gunakan aplikasi vpn.

VPN juga dapat mengatasi beberapa aplikasi maupun situs yang sulit terbuka, cobalah kalian gunakan vpn jika sudah ada aplikasi vpn-nya.

Yang enggak punya aplikasi vpn gimana? jika teman-teman tidak punya aplikasi vpn, silahkan coba artikel berikut ini karna tanpa aplikasi juga bisa kita gunakan vpn: cara pakai vpn di hp tanpa aplikasi.

#Metode Kelima: Hapus Data Aplikasi

Seharusnya keempat metode diatas sudah pasti berhasil!, jika belum berhasil juga mau enggak mau kalian harus hapus data pada aplikasi playstorenya saja ya!.

Ketika kalian menghapus data, semua file register seperti akun kalian di playstrore akan keluar dengan sendirinya, jadi pastikan kalian masih ingat akun-akun playstore ya! (email-nya).

Berikut cara menghapus data di playstore, silahkan kalian sesuaikan sendiri dengan versi pengaturan di hp saya.

Buka PengaturanPengaturan LainnyaPengelola Aplikasi ▷ cari Google Play StorePenyimpananHapus Data.

play store terhenti tidak bisa dibuka - hapus data

Setelah hapus data, silahkan restart hp terlebih dahulu, kalau sudah nyala lagi baru deh buka playstorenya.

#Metode Keenam: Pastikan RAM Masih Punya Ruang

Apakah masih enggak bisa juga? kalau iya, berarti kapasitas penyimpanan di hp kalian sudah full. Coba cek terlebih dahulu di pengaturan hp apakah masih kosong atau sudah full (sudah full & hampir full itu sama saja ya!).

Kalau memang sudah full maupun dikit lagi hampir full kapasitas hpnya, mau enggak mau kalian relakan beberapa aplikasi (minimal 2) yang harus dihapus.

Setelah penghapusan aplikasi, restart hp terlebih dahulu supaya kinerjanya terhitung lebih optimal.

#Metode Terakhir: Reset HP-nya

Cara yang paling mujarab adalah metode keenam diatas, karna playstore tidak dapat dibuka jika penyimpanan hp kita hampir full maupun sudah full.

Kalau masih enggak bisa juga jalan satu-satunya adalah reset hp, kemungkinan besar ada sistem android yang tidak sengaja kehapus oleh kalian, ataupun terhapus oleh virus (biasanya virus muncul saat kalian install suatu aplikasi diluar playstore).

Nah untuk reset hp ini, saya sarankan lihat tutorialnya melalui video saja (youtube), supaya penyampaian pesannya lebih mudah dipahami.

Dijamin 100% berhasil diatasi, bahkan virus yang sebelumnya ada di hp kalian, setelah lakukan reset virus juga akan hilang.

Tetapi sisi negatifnya sangat mengambil resiko banget, yakni semua data-data aplikasi kalian akan terhapus, mau enggak mau setelah reset kalian harus install aplikasinya lagi satu persatu.

Silahkan lihat tutorialnya di youtube, dan pastikan cari tutorialnya yang sesuai dengan merk & tipe hp kalian ya!.

Penyebab Playstore Tidak Mau Kebuka

Hal yang paling umum terjadi jika playstore tidak bisa kebuka biasanya hanya ada 2 (dua) masalah dibawah ini:

  • Kinerja HP Lemot: Biasanya hal ini karena faktor ram & rom kalian hampir penuh, sehingga kinerja hp menjadi lemot, berakibat playstore juga tidak akan mau kebuka. Solusinya hanya hapus beberapa aplikasi maupun file-file.
  • Terkena Virus: Virus juga dapat membuat aplikasi sistem bawaan menjadi rusak, salah satunya playstore. Solusi untuk menghilangkan virus bisa dengan aplikasi antivirus, jika tidak bisa juga mau enggak mau lakukan reset hp.
Teman-teman sudah tau belum cara kirim sms gratis? jika belum tau silahkan lihat artikelnya ya! 🙂

Penutup

Nah itulah beberapa penjelasan dan solusi untuk memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka (no connection), play store terhenti tidak mau kebuka akibat kesalahan server ataupun cara mengatasi sayangnya layanan google playstore telah berhenti/terhenti.

Tentunya hal ini bisa kita terapkan disemua merk hp android: samsung, xiaomi, vivo, oppo, advan, asus, dsb.. (solusi kenapa google play store terus berhenti).

Jika masih ada hal yang membingungkan atau kritikan lainnya dari teman-teman, silahkan langsung saja komentar dibawah yaa, semua komentar kalian pastinya akan saya jawab secepatnya.

Semoga metode-metode diatas yang saya berikan dapat bermanfaat untuk kalian, selamat untuk mencobanya! 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!