Lainnya

Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Sedang mencari tutorial seperti judul diatas (kode mmi tidak valid)? silahkan teman-teman langsung cuss ke tutorialnya dibawah ini jika malas membaca penjelasannya. Jika ingin baca penjelasannya terlebih dahulu juga boleh biar nambah wawasan, kalau bisa sambil ngopi/ngeteh biar mantap!.

Kehadiran hp di era sekarang ini sangat dibutuhkan sekali untuk kelangsungan hidup, misalnya seperti chattingan walaupun dari jarak jauh, bisa melalui sms maupun aplikasi tertentu, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Semakin kesini, maka semakin majulah dunia teknologi. Namun dari semua kesuksesan globalisasi yang ada dalam dunia teknologi, pasti ada kekurangannya, yaa namanya juga manusia yang buat pasti ada kekurangannya.

Terutama bagi pengguna hp android yang selalu bermasalah pada sambungan atau kode mmi tidak valid. Dan ini terjadi ketika ketika hendak melakukan panggilan keluar, cek pulsa, cek info, membeli kuota internet dan lain sebagainya.

Kode mmi tidak valid memang sangat menyebalkan, apalagi kita yang masih awam tentang hal itu, pasti tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya.

Nah!, untuk itu disini saya ingin berbagi cara untuk mencari solusi dalam mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid di hp android.

Metode ini bisa teman-teman terapkan di semua kartu perdana seperti telkomsel, simpati, as, indosat ooredoo, im3, xl, axis, smartfren, 3 (tri) dan perdana lainnya.

Termasuk hp android apa saja juga bisa diatasi seperti xiaomi, samsung, advan, oppo, vivo, realme dan beberapa merek lainnya.

Pokoknya semua jenis hp android ataupun kartu perdananya, bisa kita lakukan kok, dan caranya juga sama.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Untuk itu saya akan jelaskan 3 (tiga) metode penyelesaiannya. Yukss langsung aja nih kamu simak cara untuk menyelesaikan masalahnya.

#Pertama: Restart HP Milik Kalian

Untuk cara pertama, teman-teman bisa lakukan restart hp android-nya terlebih dahulu, setelah menyala silahkan lakukan dial ke operator seperti cek kuota, pulsa, info dan sebagainya.

kode mmi tidak valid - lakukan restart hp

Jika masih bermasalah lagi, coba kalian aktifkan mode pesawatnya dalam waktu 1 s/d 3 menit. Jika sudah 1 s/d 3 menit coba matikan mode pesawatnya supaya sinyal juga ikut ke restart nanti.

Biar apa melakukan restart hp & mode pesawat? Saat melakukan restart hp maka semua sistem akan merefresh kembali. Sedangkan untuk menghidupkan & mematikan mode pesawat, dia berfungsi sebagai merefresh jaringan-nya.

Apakah masih bermasalah pada metode pertama ini? Jika iya teman-teman ikuti lagi langkah kedua dan ketiga dibawah ini.

#Kedua: Menghapus Cache Aplikasi Telepon

Karna ini berhubungan mengirim kode dial seperti cek pulsa dan sebagainya sehingga muncul kode tidak valid, pastinya kita perlu membuka aplikasi telepon.

Sudah tau dong apa yang harus teman-teman lakukan? iyap benar! menghapus data cache pada aplikasi telpon, yang berguna untuk menghilangkan file-file sampah di telpon.

Ingat yaa menghapus cache, bukan menghapus data (jika hapus data dikhawatirkan nomor kontak sebagian / semuanya akan hilang, jadi jangan melakukan penghapusan data tetapi hapus cache-nya saja).

Caranya teman-teman bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini. Mungkin versi membuka aplikasi di pengaturan akan berbeda dengan versi pengaturan kalian, tinggal kalian sesuaikan saja yaaa.

mengatasi masalah sambungan - hapus cache

Buka Pengaturan / Settings ▷ cari kata-kata yang berhubungan dengan Aplikasi ▷ pilih Telepon ▷ ketuk tombol Hapus Cache.

#Ketiga: Ubah Mode Jaringan Ke 2G / 3G

Seharusnya metode pertama dan kedua sudah pasti bisa diatasi, namun jika masih belum bisa, berarti sinyal jaringan 4G milik kalian sedang dalam gangguan.

Hal ini emang agak aneh sih terdengarnya, tetapi setelah kita coba atur jaringan ke 2G atau ke 3G justru malah bisa melakukan dial.

Jadi silahkan teman-teman ubah jaringannya ke 2G / 3G hanya untuk sesaat aja, kalau sudah lakukan dial dan tidak muncul lagi kode mmi tidak valid, bisa diubah lagi ke 4G.

Mungkin pengaturan hp saya akan berbeda dengan milik teman-teman, tinggal sesuaikan sendiri saja yaa, enggak akan jauh beda kok.

kode mmi tidak valid - ubah mode jaringan

Buka Pengaturan / Settings ▷ cari kata-kata Jaringan Seluler ▷ pilih kartu SIM 1 / SIM 2 ▷ ubah mode jaringannya ke 2G kalau dicek masih bermasalah ubah ke 3G.

Jika Masih Tidak Berhasil Bagaimana? Ingat, Jangan Lakukan Reset HP!

Mungkin banyak situs diluar sana yang membahas untuk lakukan reset (factory/hard reset) pada hp kalian, justru itu tidak masuk akal.

Karna yang bermasalah adalah sinyal pada kartu kalian, jadi tidak nyambung jika yang direset adalah hp-nya.

Kalau kalian ingin tau apa itu reset hp, reset adalah menghapus semua aplikasi terinstall dan data-data penting kalian juga akan ikut terhapus, jadi jangan lakukan reset!.

Bagaimana dong solusinya selain reset hp? karna saya tidak ingin menyesatkan pembaca setia feritekno (hehehe), berikut ini penyebabnya dibawah yaa teman-teman.

Penyebab Kode MMI Tidak Valid

Jika masih bermasalah, mungkin penyebabnya dibawah ini:

  • Sinyal Sedang Error: Jika sinyal kalian lagi error dari pusat/operatornya, tunggulah beberapa jam mungkin di wilayah kalian sedang dalam perbaikan sinyal.
  • Coba Gunakan SIM Card Teman: Misalkan kartu kalian telkomsel dan teman kalian juga telkomsel, cobalah hubungi/dial apakah dia juga tidak valid. Jika ia berhasil, cobakan sim card teman masukkan ke hp milik mu.
  • Hubungi Operator Kalian: Jika yang bermasalah hanya sim card milik kalian dan teman kalian bisa dicoba cek, berarti sim card milik kamu yang sudah error, coba hubungi operatornya dan sertakan nomor sim-nya ke operator tersebut.

Akhir Kata dari Admin

Itulah cara saya untuk mengatasi masalah sambungan atau kode mmi tidak valid saat kita lakukan cek pulsa, cek info, cek kuota dan sebagainya pada hp android.

Teman-teman sudah tau belum nich untuk cara kirim sms gratis ke semua operator? jika belum, silahkan lihat panduan artikelnya.

Jika teman-teman ada masukan atau metode lainnya, yuk kita saling bertukaran ilmu satu sama lain di form komentar bawah, yaa hitung-hitung sebagai amal jariyah hehe.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, jika ada salah saya mohon maaf sebesar-besarnya, selamat untuk mencobanya yaa, dan semoga berhasil! 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!