Komputer

√3 Cara Mengatasi Windows Explorer Not Responding / Tidak Muncul

Mengatasi Windows Explorer Not Responding – Windows 10 windows explorer not responding atau explorer.exe error windows 10 tentu sangat membuat kita risih, ingin mengerjakan tugas atau lain sebagainya sulit dikarenakan file explorer tidak dapat terbuka dengan normal, mungkin bisa terbuka hanya saja ia tidak dapat meresponnya atau istilahnya disebut not responding.

Waktu itu, saya ingin mengerjakan tugas pendidikan bersama teman, dan parahnya lagi semua file berada di data laptop saya, ketika saya membuka file explorer tidak dapat meresponnya dengan baik, yaa kurang lebih kalian bisa lihat gambar diatas pada paragraf pertama.

Tentu saya sempat marah sedikit karena tugas hampir deadline, setelah saya mengikuti beberapa tutorial yang ada, tetap tidak bisa.

Namun saya ingat kembali sebelum kejadian windows explorer error, waktu itu saya sempat download file, kemungkinan besar file tersebutlah yang membuat data explorer error, setelah saya hapus baru bisa kembali.

Mengatasi Windows Explorer Not Responding

Penasaran seperti apa dan bagaimana cara saya menghapusnya? padahal data tidak dapat dilihat karena statusnya not responding, untuk itu kalian simak aja terus tutorial yang akan saya berikan kepada kalian.

Cara ini saya alami pada windows 10, jika kalian pengguna windows 7 atau 8, silahkan coba saja kemungkinan bisa juga untuk diatasi.

Namun, disini saya akan jelaskan 3 cara yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki file explorer error atau not responding, jika cara pertama tidak bisa kalian bisa ikuti metode selanjutnya yaa. Yukss langsung aja nih kamu simak cara untuk memperbaikinya, berikut ulasan lengkapnya.

1. Restart File Explorernya

1. Pertama, kalian bisa ketik Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan dikeyboard, atau bisa juga dari pencarian windows dan ketik Task Manager.

2. Kamu pilih Windows Explorer, setelah itu klik tombol Restart.

mengatasi windows explorer not responding di windows 10 2

3. Selesai deh, sekarang coba buka windows explorer kamu sekarang juga.

2. Buat File Baru di Registry Editor

1. Pertama kamu buka file Registry Editor, cara bukanya bisa dari pencarian windows dan ketik Regedit atau ketik Logo Win + R secara bersamaan dikeyboard lalu ketik Regedit.

2. Kamu buka file berikut ini di registry editornya : HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows Defender.

3. Setelah kebuka, kamu klik kanan pada mouse pada bagian kosongnya dan pilih DWORD (32-bit) Value.

mengatasi windows explorer not responding di windows 10 3

4. Dan disitu kamu kasih namanya DisableAntiSpyware, dan kamu klik file tersebut lalu isi valuenya 1.

mengatasi windows explorer not responding di windows 10 4

5. Terakhir silahkan kamu Restart PC atau Laptop kamu.

3. Pancing dengan Download File, Lalu Hapus File Mencurigakan

Cara ini adalah cara terakhir saya untuk mengatasi dan berhasil, yang dimana waktu itu saya pernah mendownload file mencurigakan, nah semenjak itulah file explorer saya tidak dapat dibuka alias not responding.

Untuk menghapusnya, saya pancing dengan mendownload file dan secara otomatis nanti akan terbuka file explorer kecil tersebut, nah disitu saya hapus deh.

Yaudah dari pada bingung bagaimana sih caranya, nih saya kasih tau juga hitung-hitung pahala buat kalian hehe, berikut ulasannya dan silahkan kamu simak dengan baik supaya memahaminya lebih mudah.

1. Kalian pancing download apa saja, sebagai contoh disini saya pancing dengan mendownload gambar yang ada di google. Dan di gambarnya kalian Klik Kanan pada mouse, kemudian pilih Simpan Gambar Sebagai.

mengatasi windows explorer not responding di windows 10 5

2. Nah, disitu akan muncul file explorer bertampilan kecil, dan pada jenisnya kamu pilih Semua Jenis File, dan nanti akan ada beberapa file disitu kamu cari file yang terakhir kamu download atau mencurigakan, lalu Hapus deh file tersebut (Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini, jika kurang jelas silahkan diklik gambarnya supaya bisa di zoom).

mengatasi windows explorer not responding di windows 10 6

3. Selesai deh, sekarang kamu Restart komputer kamu.

Penutup

Itulah cara saya untuk mengatasi windows explorer not responding pada windows 7, 8 dan 10. Namun untuk studi kasus saya terapkan pada windows 10, tetapi bagi saya tidak masalah sih, pastinya untuk windows 7 dan 8 juga bisa kalian terapkan dengan cara ini.

Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Paksa
Baca Juga : Cara Mengaktifkan Translate di Google Chrome
Baca Juga : Mengatasi Tombol View Image yang Hilang di Google Images
Baca Juga : Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer yang Hilang
Baca Juga : Cara Memperbesar Resolusi Foto

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada kalian mengenai Cara Mengatasi Windows Explorer Not Responding di Windows, memperbaiki windows explorer yang tidak bisa dibuka, solusi file explorer selalu not responding / file explorer error, mengatasi quick access not responding di explorer, memperbaiki file explorer working on it ataupun mengatasi windows explorer tidak bisa search.

Semoga bermanfaat yaa gaess dan selamat untuk mencobanya semoga berhasil hehe. Jika ada pertanyaan ataupun kritikan lainnya, kalian bisa langsung komentar dibawah yaa, dari semua komentar kalian pastinya akan kami respon secepatnya kok.

Artikel yang Terkait

2 Comments

    1. Mantapp, jadi senang mendengarnya kalau berhasil hehe 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!