Lainnya

Mengetahui ID Pelanggan PLN

Teman-teman sedang mencari tutorial seperti pembahasan judul diatas? silahkan bisa langsung ke tutorialnya dibawah jika kamu malas membaca penjelasan awal, yang terpenting saat di pembahasan tutorialnya kalian baca semua ya!.

Yang masih bingung bagaimana sih cara cek id pelanggan pln atau mengetahui nomor token listrik (no meter) untuk listrik prabayar & pascabayar, artikel ini sangat tepat yang teman-teman cari, karna saya akan jelaskan secara lengkap step by step, bahkan beserta id pelanggan pln dengan nama.

Seperti yang sudah kita ketahui, permasalahan id pelanggan dan token listrik tidak ada alias hilang atau lupa, pastinya akan sulit untuk membayar tagihan listrik pascabayar maupun isi ulang token listrik prabayar.

Jika kedua hal tersebut hilang atau lupa, teman-teman tidak perlu khawatir karena akan saya ulas pada tutorial kali ini dengan beberapa metode yang bisa kamu terapkan supaya bisa isi ulang dan bayar tagihan listrik seperti biasanya.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN & Cek Nomor Meteran Listrik

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika teman-teman ingin membayar tagihan listrik pasca bayar & isi ulang listrik prabayar, maka syaratnya harus memiliki id atau token listriknya.

Saya akan jelaskan dengan berbagai macam metode, silahkan teman-teman sesuaikan pada metode berapa yang menurut kamu cocok untuk dilakukan.

ID Pelanggan & Nomor Meteran Listrik itu berbeda, yang terpenting kalian bisa mengetahui salah satu diantaranya, baru deh bisa isi ulang maupun membayar tagihan. Tentunya saya akan jelaskan untuk listrik prabayar & pasca bayar.

Silahkan teman-teman bisa scroll aja kebawah metode mana yang menurut teman-teman cocok untuk dilakukan, yang terpenting saat dipenjelasannya teman-teman baca semuanya ya!.

#Pertama: Melihat Nomor Meteran Listrik dari Kartu PLN

Andai kata teman-teman lupa apa nih nomor meteran / token listrik listrik pln saya, maka kalian bisa lihat di kartu yang diberikan oleh pln ketika pertama kali kalian mendaftar listrik baik yang prabayar maupun pascabayar.

Di kartu tersebut akan tertera nomor meteran listrik. Jika kartu tersebut masih ada, kamu simpan dengan baik dan kalau bisa sih di foto copy biar enggak lupa jika terjadi kehilangan.

cara melihat nomor meteran listrik - kartu pln

Jika metode ini kurang cocok yang teman-teman gunakan, ikuti lagi metode dibawah ini.

#Kedua: Cek ID Pelanggan & No. Meteran Listrik dari Meteran PLN

Kalau kartu yang diberikan oleh pln tidak ditemukan dan hilang begitu saja, tenang kalian tidak perlu khawatir karena masih ada cara yang bisa kamu coba untuk cek id pelanggan pln dan juga meteran listrik, yakni dari kode meteran pln.

melihat nomor meteran listrik id pelanggan pln

Baik itu merk meteran listrik hexing, melcoinda, smart, sanxing dan itron, pasti akan ada kodenya dibawah barcode, jika tidak dibarcode kamu cari saja disamping-sampingnya.

Tetapi kalau untuk id pelanggan, biasanya hanya terdapat di beberapa merk meteran pln saja, namun kalau untuk nomor meteran ada di semua merk meteran pln.

#Ketiga: Lihat Nomor Rekening Listrik dengan Nama Lewat Struk Pembelian

Nomor meteran dengan nomor rekening listrik itu sama saja ya!, kecuali nomor meteran dengan id pelanggan, baru beda!.

Untuk metode selanjutnya teman-teman bisa lihat melalui riwayat transaksi pembelian, mau itu di alfamart maupun di toko yang menyediakan layanan isi ulang token & membayar tagihan listrik.

Sebagai contoh disini saya ketika waktu itu membeli token listrik prabayar melalui konter hp yang menjual token listrik, disini saya minta fotoin bukti pembayarannya, kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

cara mengetahui nomor rekening listrik dengan nama

Disitu sangat lengkap, ada nomor rekening listrik (no. meteran listrik), id pelanggan & nama pemilik listrik.

  • Jika teman-teman beli di alfamart / indomaret, mungkin masih menyimpan struknya, kalau struk hilang bakalan sulit untuk dingat-ingat kembali.
  • Jika belinya lewat ibanking bank, coba lihat riwayat transaksi terakhir kalinya, siapa tau ada.
  • Jika belinya lewat konter hp (seperti saya), teman-teman bisa datangi konter hp-nya saja, lalu ingat-ingat tanggal berapa waktu beli disitu.

#Keempat: Menggunakan Aplikasi PLN (Prabayar & Pasca Bayar)

Jika teman-teman ingat salah satu antara id pelanggan pln ataupun nomor meteran listrik, silahkan gunakan aplikasi pln yang bisa teman-teman download di playstore bagi pengguna android, dan appstore bagi pengguna ios.

Di aplikasi tersebut kalian membutuhkan login terlebih dahulu, setelah masuk akan banyak informasi lengkap mulai dari id pelanggan, no. meteran, nama pemilik listrik, kwh, dsb.

Kenapa tidak melalui situs pln? Dari situs pln juga bisa kalian akses, akan tetapi jawabannya yang lumayan lama, lebih baik langsung dari aplikasinya saja, setelah masuk langsung muncul deh informasi akun listrik kalian.

#Kelima: Hubungi PLN 123 (Telepon)

Metode selanjutnya teman-teman juga bisa menghubungi pln dengan cara bertelepon ke nomor 123.

Akan tetapi menggunakan metode ini lumayan rugi sedikit, karna pulsa kalian akan terkuras lumayan banyak, jadi siapkan saja pulsa 10ribu minimal.

#Terakhir: Langsung Datang Ke Kantor PLN Terdekat (Prabayar & Pascabayar)

Jika teman-teman dengan ke-lima metode diatas tidak ada yang bisa memenuhi syarat untuk melakukannya, mau enggak mau lebih baik kamu langsung datang ke kantor pln terdekat (tentu hal ini bisa diterapkan pengguna listrik prabayar dan pascabayar).

Sebelum datang ke tempat kantor pln, siapkan terlebih dahulu ktp, kalau bisa ingat-ingat juga nama pemilik listrik (paling umumnya nama kepala keluarga).

Jika tidak ingat sama sekali maupun semuanya lupa (id pelanggan, no. meteran & pemilik listrik). Silahkan bawa ktp dan juga fotokan meteran pln-nya.

ID Pelanggan PLN & Nomor Meteran Listrik Itu Berbeda Ya!

Teman-teman harus ingat, id pelanggan pln dengan no. meteran listrik itu berbeda, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar diatas pada metode kedua.

Dan untuk nomor meteran listrik dengan nomor rekening listrik, itu sama saja, cuma penyebutannya saja yang berbeda.

Untuk nomor meteran listrik dengan nomor token listrik, itu juga sama saja, cuma penyebutannya saja yang berbeda.

Akhir Kata dari Admin

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman mengenai cara cek id pelanggan pln dan nomor token listrik.

Teman-teman sudah tau belum cara bayar listrik lewat indomaret & alfamart? jika belum tau silahkan lihat panduannya ya!.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau lain sebagainya, tinggal komentar saja dibawah dan pastinya akan saya jawab dengan cepat dari pertanyaan teman-teman.

Artikel yang Terkait

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!