Search
Close this search box.

Menghilangkan Iklan di HP Oppo

Bagaimana sih cara menghilangkan iklan di HP Oppo? Banyak yang melontarkan pertanyaan serupa. Penyebabnya karena kesal dengan kemunculan berbagai jenis iklan yang mengganggu saat sedang berselancar di internet menggunakan HP.

Lebih kesal lagi jika tidak sengaja mengklik iklan tersebut, sehingga laman website yang ingin dibaca malah beralih ke halaman iklan tadi.

Jika kamu pengguna HP Oppo, maka tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan pengganggu yang muncul di HP Oppo.

Untuk menghilangkan iklan pengganggu, kamu bisa melakukannya tanpa bantuan aplikasi dan menggunakan aplikasi. Masing-masing dari kedua cara tersebut akan diulas lebih jauh pada kelanjutan artikel ini.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Banyak cara menghilangkan iklan di HP Oppo tanpa bantuan aplikasi. Setidaknya ada 8 cara yang bisa dilakukan,  yang masing-masing cara tersebut akan dijelaskan di bawah ini :

1. Melakukan Pengaturan di Google Chrome

Google termasuk salah satu penyumbang iklan terbanyak di HP. Biasanya iklan ini akan muncul di Google Chrome. Hanya saja, pada Google Chrome terdapat fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan iklan tersebut.

Sebagai pengguna HP Oppo, kamu bisa melakukan beberapa pengaturan pada Google Chrome sebagaimana di bawah ini :

  • Pertama, buka terlebih dahulu Google Chrome di HP Oppo kamu.
  • Klik tiga titik yang terletak di pojok kanan atas.
  • Tekan menu Setelan atau Setting.
  • Pada menu Setting atau Setelan, gulirlah ke bawah lalu pilih Setelah Situs.
  • Tekan Popup atau Pengalihan.
  • Matikan fitur Popup dengan menggeser toggle ke posisi nonaktif.
  • Kembali kepada menu Setelah Situs.
  • Lanjutkan dengan memilih menu JavaScript.
  • Matikan fitur ini dengan cara menggeser toggle ke posisi nonaktif.

 2. Mengembalikan Format HP Oppo ke Setelan Pabrik

Cara menghilangkan iklan HP Oppo berikutnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan mengembalikan format HP ke setelan pabrik.

Tapi ingat, menggunakan cara ini dapat mengakibatkan semua file yang terdapat di HP Oppo kesayangan kamu ikut terhapus. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Setelah mengamankan semua data-data penting kamu, selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan di HP Oppo kamu.
  • Setelah itu, tekan Pengaturan Tambahan.
  • Buat Cadangan dan masuk menu Reset.
  • Akses menu Riset lalu ke Data Pabrik.
  • Klik hapus semua data.
  • HP Oppo kamu akan mati sementara, lalu kembali aktif dengan format baru setelan pabrik.

 3. Melalui Personalisasi Iklan di Google

Hampir sama seperti pertama di atas, iklan yang muncul di HP Oppo kamu juga bisa dihentikan melalui menu personalisasi iklan. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan :

  • Pertama, masuk ke menu Setting atau Pengaturan di HP Oppo kamu.
  • Setelah itu, pilih menu Google.
  • Klik Ads atau Iklan.
  • Setelah berada di dalam menu Ads ini, langsung saja aktifkan opsi Opt out of Ads Personalization.

 4. Melalui Fitur Play Protect

Iklan yang mengganggu seringkali muncul di HP akibat aplikasi game tertentu yang kamu instal. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut bersifat gratisan.

Jika memang kondisinya seperti itu, maka cara menghilangkan iklan di HP Oppo yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan beberapa pengaturan di fitur Play Protect. Untuk melakukannya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama, masuklah ke menu Google Play Store di HP Oppo kamu.
  • Tap pada ikon profil kamu yang terletak di bagian kanan atas.
  • Klik Play Protect.
  • Klik Pengaturan atau Setting.
  • Selanjutnya, langsung saja aktifkan fitur Scan Apps dan Play Protect.
  • Setelah melakukan langkah ini, iklan-iklan pengganggu yang sering muncul tersebut akan menghilang.
Baca Juga :  HP Infinix Harga 1 Jutaan

 5. Menghapus aplikasi yang Menjadi Sumber Iklan

Selain aplikasi game, aplikasi-aplikasi gratisan lainnya juga merupakan penyebab munculnya iklan pengganggu di HP Oppo kamu. Pasalnya, aplikasi-aplikasi gratisan tersebut memang sudah terafiliasi dengan iklan yang muncul tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak asal menginstal aplikasi hanya karena menarik, padahal kamu tidak membutuhkannya.

Coba periksa satu per satu aplikasi mana saja yang memang kamu butuhkan dan yang tidak kamu butuhkan. Nah, aplikasi yang tidak dibutuhkan tersebut dihapus saja. Dengan begitu, tidak banyak iklan yang bermunculan di HP Oppo kamu.

 6. Menonaktifkan Jaringan Internet

Sebagian aplikasi gratisan yang terinstal di HP Oppo kamu memang sangat dibutuhkan, sehingga tidak bisa dihapus meskipun menyebabkan beberapa iklan sering bermunculan.

Untuk meminimalisir gangguan, sebaiknya matikan saja sementara jaringan internet di HP kamu, khususnya ketika kamu ingin melakukan aktivitas yang sebenarnya tidak memerlukan koneksi internet seperti mengetik,  menyusun jadwal, dan yang lainnya.

Dengan melakukan cara ini, kamu bisa melakukan aktivitas tersebut tanpa merasa terganggu dengan kemunculan iklan di HP Oppo kamu.

 7. Menonaktifkan Notifikasi Website Pemasang Iklan

Terkadang saat berselancar di dunia maya menggunakan HP, secara tidak sengaja kamu memperbolehkan website tertentu mengirim iklan. Akibatnya, kamu sering mendapatkan notifikasi atau iklan yang berasal dari website tersebut.

Tentunya kamu akan merasa terganggu dengan kemunculan notifikasi atau iklan tersebut. Jangan khawatir, karena gangguan tersebut bisa dihilangkan dengan mudah.

Kamu hanya perlu menghapus history browsing yang masih tersimpan. Caranya, tekan clear cache atau clear browsing data pada browser yang kamu gunakan.

Setelah history browsing ini dihapus, website yang pernah kamu kunjungi tersebut tidak lagi mengirim notifikasi atau iklan.

8. Membayar Biaya Berlangganan Aplikasi

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya di atas, iklan-iklan pengganggu umumnya muncul disebabkan aplikasi gratis yang terinstal di HP Oppo kamu.

Tidak mungkin developer aplikasi tersebut membuang-buang waktunya begitu saja untuk membuat aplikasi gratisan. Pasti ada keuntungan yang didapatkan dari situ. Nah, salah satu sumber keuntungannya melalui iklan-iklan yang sudah terafiliasi.

Terkadang aplikasi gratisan tersebut menyediakan versi premium dengan biaya bulanan tertentu. Keuntungan yang didapatkan dari versi tersebut tidak hanya fitur-fitur premium yang tentu lebih baik dari fitur gratisan tapi juga bebas iklan.

Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan iklan HP Oppo adalah dengan berlangganan versi premium berbayar bulanan tersebut.

Cara menghilangkan Iklan di HP Oppo Menggunakan Aplikasi

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya di atas, kamu juga bisa menghilangkan iklan pengganggu yang bermunculan dengan bantuan aplikasi tertentu. Dalam hal ini, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Berikut daftar aplikasinya :

1. Aplikasi ADGuard

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan iklan di HP Oppo adalah ADGuard. Cara kerjanya dalam menghilangkan iklan di HP sangat efektif, tidak heran jika banyak yang menggunakannya.

Kamu bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play Store. Setelah mengunduh dan menginstalnya di HP kamu, tinggal buka aplikasinya dan aktifkan fitur penghilang iklan.

 2. Aplikasi UC Browser

Aplikasi UC Browser memiliki fitur penghilang iklan yang bernama Ad Blocker. Dengan mengunduh dan menginstal aplikasinya, iklan-iklan pengganggu yang sering muncul di HP Oppo kamu akan hilang.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Setelah aplikasinya terinstal di HP, tinggal buka aplikasinya dan masuk ke menu Setting atau Pengaturan untuk mengaktifkan fitur  Ad Blocker tersebut.

3. FAB Adblocker Browser

Aplikasi yang bernama FAB Adblocker Browser ini juga bisa digunakan untuk memblokir iklan yang seringkali muncul dan mengganggu di HP Oppo kamu. Tinggal unduh, instal, dan  aktifkan fitur blokir iklannya, maka HP kamu bebas dari iklan.

Aplikasi ini menggunakan metode file host sederhana untuk melakukan pemblokiran iklan. Meskipun sederhana, namun terbukti efektif dalam memblokir munculnya iklan-iklan yang seringkali mengganggu.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu sudah tergambar kalau cara menghilangkan iklan di HP Oppo sebenarnya sangat mudah dilakukan, menghilangkan iklan di hp oppo yang tiba-tiba muncul.

Oleh karena itu, tidak perlu pusing dengan iklan-iklan pengganggu yang bermunculan di HP Oppo kamu. Lakukan saja cara-cara di atas untuk menghilangkannya.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar