Internet

Menghilangkan Virus di Chrome

Sedang mencari tutorial seperti dijudul diatas (menghilangkan virus di chrome)? silahkan bisa langsung ke tutorialnya disubmenu bawah (jika Anda malas membaca pembukaan artikel ini) yang terpenting saat di tutorialnya kalian harus membaca juga dengan penjelasannya karena banyak info penting.

Chrome iklan / redirect virus merupakan pembajak perambanan, virus ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak akan juga merusak komputer Anda.

Namun sayangnya, virus ini bisa mengubah data-data atau link yang terdapat di Browser, contohnya yang paling sering kena yakni Google Chrome, tentu dengan hal yang satu ini tidak nyaman bagi kita yang ingin menggunakan browser tetapi ada si virus tersebut.

Lah! kok bisa yah, virus ini bisa masuk ke komputer saya? Virus ini bisa saja masuk ke dalam salah satu Software yang Anda download dan install, karena software tersebut merupakan software bajakan sehingga virus pun juga ikut ke download.

Dan apabila kamu install software bajakan tersebut, secara otomatis virus yang menempel pada software bajakan tersebut juga akan terinstall apabila kamu menginstallnya. Kalau bisa lain kali jangan suka menginstall software bajakan, kalau bisa beli langsung ke hak ciptanya.

Contohnya, kamu mau beli software games, kalau bisa kamu patungan saja sama teman kamu dan selepas itu pakai deh bareng-bareng softwarenya (dibagi rata).

Cara Menghilangkan Virus di Google Chrome (Iklan & Redirect)

Jika teman-teman mencari solusi untuk cara menghapus iklan di google chrome maupun chrome selalu mengalami redirect link tidak jelas, maka artikel ini sangat tepat yang kamu cari.

Banyak yang mengalami hal seperti ini, mungkin banyak juga yang mengambil langkah untuk menghapus google chromenya lalu install kembali, tetapi hasilnya nihil (tidak ada hasilnya). Jadi solusi satu-satunya cukup ikuti beberapa step by step pada artikel ini.

Bisa untuk mengatasi berbagai virus yang menyerang google chrome Anda, mau itu malware iklan yang suka muncul notifikasi maupun redirect virus dan masih banyak lagi, apapun jenis virusnya bisa kita atasi dengan beberapa metode dibawah ini.

Disini saya contohkan untuk pengguna Dekstop Windows, jika Anda pengguna OS lain ataupun HP seperti Android & iOS, silahkan bisa menyesuaikan sendiri, solusi mengatasinya tidak jauh berbeda kok.

Silahkan teman-teman ikuti step by step dibawah ini secara berurutan, jika metode pertama tidak bisa ikuti metode selanjutnya sampai benar-benar bisa diatasi.

#Pertama: Hapus Software Mencurigakan

Untuk metode pertama ini, teman-teman bisa lihat & hapus pada software yang dianggap mencurigakan. Tetapi ingat, jangan sampai software bawaan windows terhapus (bisa berakibat fatal).

Untuk mengetahui software mencurigakan, kamu lihat dari namanya lalu tanggal installnya (nanti akan tertera tanggal installnya). Berikut caranya:

  • Buka Control Panel, cara bukanya:
    • Klik logo Windows di start menu.
    • Langsung aja ketik perintah control panel.
    • Lalu pilih Control Panel.

cara buka control panel

  • Pastikan tampilan control panel dalam keadaan Category.
  • Kemudian pilih tulisan programs Uninstall a program.

control panel - uninstall a program

  • Lalu carilah nama software yang mencurigakan.
  • Lihat juga tanggal installan (cari yang terbaru biasanya itu dia virusnya).
  • Kalau sudah dapat, tinggal Uninstall saja.

control panel - pilih software yang ingin dihapus

#Kedua: Hapus Url Search Engine

Url search engine yang terdapat pada browser untuk mengakses halaman search, jika halaman search Anda bukan google seperti amisites, trotux, duckduckgo, dsb… hapus saja.

Saya lebih suka url search engine-nya Google, silahkan teman-teman ikuti seperti saya saja, hapus semuanya, cukup tinggalkan Google saja.

  • Buka browser Google Chrome.
  • Klik ikon titik tiga (disebelah kanan atas) ▷ Settings / Setelan.
  • Lalu cari dan klik Manage search engines (kelola mesin telusur).
  • Pada bagian default search engines (mesin telusur default), hapus semuanya, cukup Google saja.

cara menghilangkan redirect di browser

#Ketiga: Edit Target

Untuk langkah ketiga ini, teman-teman hapus pada url yang tidak jelas dibagian akhir target, biasanya virus redirect menambahkan baris target diakhirnya.

  • Klik kanan pada ikon google chromenya di tampilan Dekstop PC kamu.
  • Pilih Properties.
  • Pada menu Shortcut pada bagian atas dan Arahkan cursor Anda pada tulisan Target yang terdapat pada kolom isian.
  • Hapus link / url yang tidak jelas pada bagian akhir sampai tulisan Chrome.exe”, bukan dihapus semuanya ya! tetapi sampai di Chrome.exe” saja.
  • Terakhir klik Ok untuk menyimpan.

cara menghilangkan iklan di google chrome

#Keempat: Scan Virus dengan Malwarebytes

Sudah ikuti step by step diatas tetapi belum juga membuahkan hasil? Kemungkinan besar PC / Laptop kamu sudah terdeteksi virus yang sulit untuk didiagnosa.

Tidak perlu khawatir, saran saya silahkan teman-teman download lalu instal antivirus Malwarebytes. Mungkin banyak antivirus lainnya, namun rekomendasi dari saya untuk menghapus virus tingkat tinggi sejauh ini paling efektif adalah Malwarebytes.

Malwarebytes ini tersedia 2 (dua) versi, Versi Free (gratis) & Versi Pro (berbayar). Tentu saja yang paling efektif adalah versi pro untuk menghapus semua jenis virus.

Tidak punya uang untuk membeli versi pro? tidak perlu khawatir, teman-teman bisa menggunakan trial (masa percobaan), jadi kamu bisa mencoba versi pro secara gratis hanya aktif sampai beberapa minggu saja.

Saran dari saya, lakukan scan dengan Malwarebytes Versi Pro, kamu cukup gunakan masa Trial saja. Setelah mendapatkan masa percobaan (trial), lakukan Scan pada PC / Laptop kamu.

Untuk melihat masa percobaan secara gratis (trial), teman-teman bisa baca dan lakukan download melalui: malwarebytes.com/trial.

Tips Mencegah Malware yang Menyerang Chrome

Jika teman-teman ingin terhindar dari serangan virus / malware yang menyerang browser seperti google chrome, silahkan ikuti beberapa tips dibawah ini.

Entah mau jenis malwarenya notifikasi muncul tiba-tiba, pop-up, iklan ataupun redirect (apapun jenisnya), kita harus tetap waspada, silahkan dilihat tips untuk terhindari dari serangan virus.

#Pertama: Selalu Update OS

Hal ini memang terlihat sepele, tetapi dengan adanya OS versi terbaru tentu berbagai macam bug akan diperbaiki.

Jika OS Anda versi lama, virus lebih mudah untuk masuk ke perangkat kita. Rajin-rajinlah untuk periksa versi OS, jangan sampai versi OS Anda ketinggalan sangat jauh dengan versi terbarunya.

#Kedua: Rajin Scan dengan Antivirus

Antivirus sangat bagus untuk menjaga keamanan perangkat kita, tetapi gunakanlah 1 (satu) antivirus saja, jangan menginstall banyak antivirus.

Windows sudah memiliki antivirus bawaan yang bernama Windows Defender, namun teman-teman harus tambah 1 (satu) lagi antivirus pendukung lainnya, apa saja antivirusnya senyaman kalian gunakan saja.

Jika Anda pengguna antivirus smadav, sudah tau belum key smadav pro secara gratis dari saya (supaya mendapatkan versi smadav pro berbayar)? jika belum tau silahkan lihat artikelnya.

Kalau sudah ada antivirus, rajin-rajinlah lakukan scan setiap minggu atau setiap bulannya, untuk mencegah virus masuk dari luar.

#Ketiga: Jangan Asal Download Software Sembarangan

Ini nih yang paling sering terjadi, jika ingin download software kita lihat-lihat terlebih dahulu jangan sampai software tersebut merupakan virus.

Paling penting lagi, jangan sampai kalian download software bajakan, lebih baik software berbayar langsung dari situs website resminya.

Karena software bajakan ini banyak virus didalamnya, paling umum software bajakan menyerang malware jenis iklan yang muncul tiba-tiba & virus redirect browser.

Seputar Pertanyaan Tentang Virus Chrome

Bagaimana Cara Menghilangkan Tab yang Muncul Sendiri di Chrome?

Untuk solusi mengatasi, silahkan teman-teman ikuti step by step diatas, ikuti secara berurutan.

Mengatasi Google Chrome yang Terkena Virus Bagaimana?

Jika browser chrome Anda terkena virus seperti malware redirect, virus iklan, muncul pop-up / notifikasi, sering kebuka tab sendiri, dsb..., untuk mengatasinya juga sama, ikuti step by step diatas.

Apakah Bisa Diterapkan Pada Semua Jenis Device?

Disini saya contohkan menggunakan Dekstop Windows, jika Anda menggunakan OS lain ataupun device lain seperti HP Android & iOS, silahkan bisa menyesuaikan sendiri, karena solusi memperbaikinya tidak jauh berbeda.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada teman-teman untuk mengatasi segala jenis virus yang menyerang browser kita, salah satunya google chrome.

Semoga bisa bermanfaat, jika masih ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah (secepatnya akan saya respon dari pertanyaan teman-teman).

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!