Multimedia

√ Pengertian ALU (Arithmetic Logic Unit) Beserta Fungsi dan Rangkaiannya

Apa itu ALU? ALU atau Arithmetic Logic Unit merupakan sebuah rangkaian digital yang dipakai untuk melakukan operasi aritmatika dan logika (Arithmetic and Logic).

Pengertian ALU

Namun dari pengertian lainnya, ALU ini adalah sebuah rangkaian elektronik digital yang melakukan operasi aritmatika dan bitwise pada suatu bilangan binner integer.

Fungsi ALU

Sudah dijelaskan, bahwa komponen ALU itu hanya berfokus pada fungsi dasar operasi artimatika dan logika. Untuk melaksanakan pengoperasian tugasnya, maka ALU melibatkan suatu sirkuit khusus yang disebut dengan Adder.

Adder ini dibagi beberapa kombinasi, ada Half Adder, Full Adder dan Paralel Adder, untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan dibawah ini.

1. Half Adder

Untuk rangkaian Half Adder ini pada dasarnya penjumlahan biner dengan dua bit, maksudnya hanya untuk menjumlahkan dua bit saja.

2. Full Adder

Kalau untuk Full Adder sama seperti halnya Half Adder, hanya saja Full Adder dapat menjumlahkan tiga bit.

3. Paralel Adder

Untuk Paralel Adder rangkaiannya ia tersusun dari Half Adder dan pada bit-bit berikutnya terdiri dari Full Adder, kalau Paralel Adder ia dapat menjumlahkan banyak bit.

Rangkaian Pada ALU

Membahas dalam rangkaian pada ALU maka saya lebih menekankan pada struktur-struktur yang ada pada komponen pendukung yang satu ini.

rangkaian pada ALU - feri tekno

Arithmetic Logic Unit memiliki 2 fungsi utama untuk menjalankan, yakni Aritmatika dan Dasar Logika. ALU juga tidak bekerja dengan sendiri, ia butuh bantuan dari beberapa komponen lainnya. Satu huruf Control Unit atau CU yang terdapat pada Processor akan memberikan perintah terlebih dahulu.

Selain Control Unit ada juga yang namanya Register, dan setiap perintah yang diberikan Control Unit harus sesuai dengan apa yang disuruh yang ada pada register.

Sekian penjelasan dari ALU atau Arithmetic Logic Unit semoga bermanfaat untuk menjawab pertanyaan dari sekolah Anda atau bagi kamu yang ingin menambah wawasan ilmu saja semoga dapat dimengerti.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!