Multimedia

√ Pengertian LAN dan Fungsinya [Local Area Network]

Pengertian LAN dan Fungsinya – Pada ulasan sebelumnya kami sudah membuat artikel mengenai jaringan WAN, yang dimana jaringan tersebut dapat mencakup wilayah yang begitu luas, jika kalian belum membacanya silahkan dibaca terlebih dahulu karena jaringan ini dibagi menjadi tiga,

yakni WAN, MAN dan LAN. Nah pada ulasan ini lebih fokus pada LAN saja, jadi bagi kamu yang belum mengetahui apa itu lan bisa langsung simak ulasan dibawah ini.

Baca Juga : Pengertian WAN dan Fungsinya
Baca Juga : Pengertian MAN dan Fungsinya

Pengertian LAN dan Fungsi Local Area Network

Sebelum membahasnya, kami akan membagi pengetahuan mengenai jaringan yang satu ini, yang dimana kami akan mengulas dari pengertiannya terlebih dahulu serta fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya.

Untuk perihal tersebut, kami akan membahasnya pada pengertiannya, silahkan kamu simak baik-baik.

Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN singkatan dari Local Area Network merupakan sebuah jaringan komputer yang luas wilayahnya masih kecil, yang hanya mencakupi wilayah lokal saja. Jaringan yang satu ini sangat sederhana dalam menggunakan perangkat seperti Switch, Kabel UTP, Router dan beberapa perangkat lainnya.

Sebagai contohnya jaringan ini digunakan hanya di wilayah Sekolah, Kantor, Warnet, Kampus dan beberapa wilayah kecil lainnya.

Pada era sekarang ini, jaringan yang satu ini banyak yang digunakan menggunakan teknologi Ethernet yang menggunakan perangkat switch, yang hanya kecepatannya bisa mencapai 10, 100 atau 100 Mbps.

Selain hal itu, teknologi lainnya yang paling populer untuk membangun jaringan lokal adalah teknologi Wifi (802. 11 b).

Mungkin dari pengertian diatas yang usai kami jelaskan, semoga bisa membantu tugas-tugas Anda sekaligus menambah pengetahuan, jika masih bingung juga silahkan komentar saja nanti tim kami akan menjawab pertanya teman-teman dengan cepat.

Jika sudah paham kita lanjut pada fungsi yang terdapat didalamnya, yuukk simak ulasannya berikut ini.

Fungsi Jaringan LAN (Local Area Network)

  • Dapat mempercepat arus informasi yang didapat baik dari server menuju client atau juga bisa dari client ke client lainnya yang pastinya sudah terhubung kedalam jaringan lokal ini.
  • Dapat mempersingkat waktu dan biaya instalasi juga terjangkau.
  • Mempermudah mendapatkan informasi atau data dari client yang terhubung dalam jaringan.
  • Dapat mengamankan informasi-informasi penting lainnya.
  • Bisa digunakan untuk sharing data, game multiplayer dan juga internet.

Itulah ulasan mengenai pengertian jaringan LAN dan fungsinya, jika masih ada yang bingung atau ada masukkan lainnya dari teman-teman, kalian bisa langsung komentar aja dibawah yaa gaes. Semoga dengan ulasan ini, dapat menjadikan referensi bahan ajar kalian.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!