Multimedia

√ Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) dan Fungsi-fungsinya

Pada ulasan-ulasan sebelumnya kami sudah menjelaskan pengertian beserta fungsinya dari LAN dan WAN, jika kalian ingin mengetahui satu-persatu dari artikel tersebut, silahkan tinggal baca saja pada link dibawah ini.

Untuk artikel ini kami akan khususkan untuk membahas jaringan WAN, jika kalian belum mengetahui apa itu wan bisa langsung simak ulasan-ulasan berikut ini.

pengertian man dan fungsinya

Baca Juga : Pengertian LAN dan Fungsinya
Baca Juga : Pengertian WAN dan Fungsinya

Pengertian dan Fungsi MAN

Bagi kalian yang masih bertanya-tanya dengan jenis jaringan yang satu ini, silahkan simak dan kami juga sediakan dari pengertian serta fungsi-fungsi yang terdapat di jaringan ini.

Baca Juga : Pengertian VPN Beserta Fungsinya

Pengertian MAN (Metropolitan Area Network)

MAN singkatan dari Metropolitan Area Network merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan lebih luas dari pada jaringan LAN dan biasanya terdapat dalam satu kota.

Jaringan yang satu ini juga dapat diartikan sebagai penghubung dari beberapa jaringan LAN, dan jaringan ini memiliki transfer data yang terbilang cukup tinggi yang jangkauannya antara 10 KM sampai dengan 50 KM.

Dan biasanya media transmisi yang digunakan jaringan ini yakni sirkuit tanpa kabel seperti radio, kabel fiber, microwave atau laser link infra-merah. Dan biaya operasional cukup mahal, sehingga mayoritas perusahaan-perusahaan menyewanya ke operator umum.

Baca Juga : Pengertian Perangkat Peripheral, Fungsi dan Contohnya

Yang paling sering kita jumpai jenis jaringan ini seperti ditempat jaringan Bank, jaringan Kantor Dinas, jaringan ATM dan masih banyak lagi perusahaan lainnya.

Bagaimana? apakah sobat sudah paham mengenai pengertian dari MAN, jika sudah kita lanjut lagi untuk membahas dari fungsi yang terdapat didalamnya.

Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)

Fungsi utama dari jaringan ini hanya untuk memenuhi kebutuhan internet sebuah perusahaan, sehingga sangat mudah dalam membagikan atau menerima data ataupun informasi, terlebih lagi pemusatan data juga sangat mudah untuk dilakukan. Dan jaringan jenis ini dibilang paling aman dari serangan apapun dari pada jenis jaringan lainnya.

Dengan menggunakan jaringan ini sebuah perusahan dapat melakukan kegiatan menukar informasi melalui Video Conference, Email, Chat, Transaksi yang dilakukan secara real time dengan memakai bandwith lokal.

Baca Juga : Pengertian Kabel UTP dan Kabel STP Beserta Perbedaannya

Penutup

Itulah pengertian MAN serta fungsi yang terdapat didalamnya, jika masih ada hal yang bingung teman-teman bisa bertanya pada kolom komentar dibawah, nanti tim kami akan menjawab pertanyaan teman-teman.

Semoga dengan ulasan sederhana ini bisa dijadikan bahan referensi belajar Anda, dan teruslah mengasah pengetahuanmu lebih dalam lagi.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!