Perbedaan Dokumen PDF & Word

Feri Tekno

Feri Tekno

perbedaan word dan pdf

Mungkin Anda tidak asing lagi mengenal istilah dari dokumen/ekstensi Word (doc/docx) dan PDF, yang didirikan oleh perusahaan raksasa yang berbeda. Word didirikan oleh Microsoft, sedangkan PDF oleh Adobe.

Masih banyak yang bingung ingin menggunakan dokumen apa dalam mengerjakan sebuah tugas, word atau pdf kah?Lalu apa sih perbedaan dari kedua dokumen tersebut? sebelum itu mari kita cari tahu dulu dari sejarah singkatnya.

Apa Itu Dokumen Word?

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah sebuah perangkat lunak untuk mengolah sebuah kata yang didirikan oleh perusahaan Microsoft. Pertama diterbitkan pada tahun 25 Oktober 1983 dengan nama Multi-Tool Word. (sumber Wikipedia)

Kemudian word ini memiliki sebuah ekstensi yang bernama doc & docx, doc untuk word versi 2003 kebawah, sedangkan docx untuk word versi 2007 keatas. Perbedaannya hanya kompabilitasnya saja, yang pasti ekstensi docx lebih terbaik dibandingkan ekstensi doc.

Apa Itu Dokumen PDF?

Portable Document Format (disingkat PDF) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Dokumen pdf ini pertama kali hanya bisa dibuat dengan software Adobe Acrobat, sedangkan untuk membaca dokumen pdf hanya bisa dengan software Adobe Reader. (sumber Wikipedia)

Seiring berjalannya waktu ke waktu hingga sekarang ini, dokumen pdf sudah bisa dibuat & dibaca dengan berbagai software, hampir semua software sudah kompatibel dengan dokumen pdf, bahkan dengan cara online (tanpa download software) pun juga sudah bisa.

Perbedaan Dokumen PDF dan Word

Lalu apa saja sih perbedaan dari dokumen PDF dengan dokumen Word? data ini berdasarkan perubahan yang terjadi pada tahun sekarang, silahkan bisa simak tabel dibawah ini.

Baca Juga :  Cara Download File di Scribd
Dokumen Word Dokumen PDF
Masih bisa melakukan pengeditan pada dokumennya. Tidak bisa atau tidak mungkin di edit lagi.
Tidak cocok untuk pengiriman surat resmi seperti lamaran kerja. Sangat cocok untuk pengiriman surat resmi.
Untuk dokumen yang masih bersifat sementara atau masih bisa di edit. Dokumen yang bersifat permanen seperti untuk pengiriman scan ijazah.
Ketika di save, kemudian dibuka kembali pada versi word yang berbeda, tampilan teks akan berubah tata letaknya. Ketika di save, kemudian dibuka kembali diberbagai komputer / versi pdf, tampilan tata letak tidak akan berubah sesuai dengan halamannya.
Sangat cocok untuk pengeditan teks-teks, beragam fitur yang tersedia seperti pemilihan warna dan masih banyak lagi. Tidak cocok untuk pengeditan teks-teks ataupun lainnya.

Anda memiliki masukan lainnya terkait dari perbedaan kedua dokumen tersebut? silahkan komentar pada kolom komentar dibawah, bantu pembaca lainnya untuk mengetahuinya juga, ya!.

Kesimpulannya

Pada intinya, word sangat cocok untuk mengedit sebuah dokumen, sedangkan pdf lebih cocok untuk pengiriman dokumen. Tergantung kebutuhan yang Anda inginkan, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Hebatnya lagi, sekarang ini Anda juga bisa melakukan konverter word ke pdf ataupun sebaliknya dengan melalui situs online (tanpa perlu install software).

Selain melakukan perubahan file word ke pdf secara online, microsoft word juga sudah tersedia fitur save dengan dokumen pdf. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini, saat melakukan save silahkan tinggal mengubah save as type.

save dokumen pdf lewat microsoft word

Untuk menyimpan dengan dokumen pdf di microsoft word, wajib menyimpannya dengan Save Save As, ya!.

Sampai disini semoga Anda dapat memahaminya dengan mudah. Itu saja yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat selalu untuk Anda kedepannya.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

0 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar
Feri Tekno | Feri Agency