Multimedia

√ Pengertian Peripheral : Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Perangkat Peripheral

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Perangkat Peripheral – Dalam dunia komputer tentu kalian sudah tau dong apa sih itu perangkat keras komputer, yang dimana perangkat keras komputer ini dibagi menjadi beberapa jenis, nah salah satu jenis perangkat keras komputer yakni perangkat peripheral, lalu apa sih itu peripheral?

Pengertian Peripheral, Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Perangkat Peripheral

Pada ulasan kali ini kami akan kupas pengertian dari peripheral, fungsi, cara kerja serta contoh-contohnya.

Pengertian Perangkat Peripheral

Perangkat Peripheral merupakan perangkat tambahan komputer yang berguna untuk memasukan (Input), memproses serta mengeluarkan (Output).

Perangkat peripheral memang biasanya terhubung ke komputer, namun bukan berarti perangkat ini inti dari sebuah komputer, jadi ketika perangkat peripheral komputer tidak disambungkan maka komputer masih bisa digunakan fungsi-fungsinya.

Sampai kapanpun perangkat peripheral tidak akan bisa menjalankan fungsi-fungsinya jika perangkat tersebut tidak disambungkan atau dihubungkan ke komputer, biasanya letak perangkat ini ia berada di dalam dan diluar case komputer.

Jadi jika kalian menemukan seperti penjelasan diatas, tentu itu lah yang dimaksud sebagai perangkat peripheral.

Fungsi Perangkat Peripheral

Fungsi perangkat peripheral ini hanya sebagai perangkat tambahan saja yang bertujuan untuk memperluas fungsi lain pada komputer.

Misalkan saja sebagai contohnya Printer, dengan adanya alat printer maka komputer dapat mengeluarkan hasil proses berupa cetakan text atau gambar.

Cara Kerja Peripheral Komputer

Selain berdasarkan kegunaan dan fungsinya, peripheral juga dikelompokan berdasarkan cara kerja atau proses kerjanya dalam pengoperasian sebuah komputer, berikut cara kerja pada perangkat peripheral komputer :

1. Perangkat Input (Masukkan)

Perangkat masukkan atau input device adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk melaksanakan perintah memasukkan data kedalam sebuah komputer.

2. Perangkat Output (Keluaran)

Perangkat keluaran atau output device adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk melaksanakan perintah mengeluarkan data dari komputer.

3. Perangkat Storage Device (Penyimpanan)

Perangkat penyimpanan atau biasa dikenal storage device adalah salah satu perangkat komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan, memetakan dan mengekstrak file data maupun objek.

Contoh Perangkat Peripheral

1. Perangkat Peripheral Internal

Perangkat peripheral internal adalah perangkat yang berada didalam case komputer, contoh beberapa perangkat peripheral internal yang sering kita jumpai diantaranya VGA Card, Sound Card, LAN Card dan masih banyak lagi perangkat lainnya, perangkat ini biasanya ia terpasang pada slot ekspansi.

2. Perangkat Peripheral Eksternal

Perangkat peripheral eksternal adalah perangkat komputer yang berada pada bagian luar case komputer, sebagai contohnya perangkat peripheral eksternal diantaranya Scanner, Printer, Web Cam, Speaker dan masih banyak lagi.

Untuk menghubungkan perangkat ini ke dalam komputer biasanya menggunakan alat bantu seperti kabel serial, PS2 atau juga bisa menggunakan kabel USB untuk menyambungkannya.

Penutup

Lihat Juga : Pengertian Peer to Peer, Kelebihan dan Kekurangannya

Itulah beberapa penjelasan singkat perangkat peripheral komputer tetapi kami rangkum menjadi seperti ulasan diatas (jelas dan singkat), semoga dengan ulasan diatas bisa menjadi salah satu referensi bagi kamu yang ingin menambah wawasan ilmu.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!