Multimedia

Tidak Bisa Drag Gambar Ke Photoshop?

Foto atau gambar yang tidak bisa dibuka di software photoshop versi apapun jangan panik dulu! Saya juga pernah mengalami hal seperti itu, biasanya foto yang tidak dibuka akibat foto itu sendiri yang sudah corrupt (sudah rusak filenya).

Ketika kita drag gambar ke photoshop malah tidak bisa dibuka, dicoba melalui open project (ctrl+o) tidak mau kebuka juga. Penasaran mau tau gimana solusinya? silahkan langsung ke tutorialnya bagi yang ingin langsung tau, tapi bagi yang mau baca penjelasannya juga boleh biar sambil paham nanti (siapin kopi biar mantap ngoehehe).

Selain itu gambar yang error bisa saja berasal dari media sosial yang kita simpan ke galeri / file explorer, seperti whatsapp, facebook & instagram, biasanya sih yang selalu error dari WA (WhatsApp). Berikut beberapa pesan yang mungkin penyebabnya :

  1. Could not complete your request because it is not a valid photoshop document.
  2. Could not complete your request because a sofn dqt or dht jpeg png
  3. Marker is missing before a jpeg sos.

mengatasi could not complete your request because a sofn dqt or dht jpeg

Bagaimana nih untuk membuka gambar yang tidak bisa dibuka di photoshop, apalagi pesannya seperti gambar diatas? Oke kali ini saya akan jelaskan dengan 2 (dua) cara yang bisa teman-teman terapkan sekarang juga, sangat gampang sekali dan ini dari pengalaman saya pribadi (dijamin 100% sukses).

Cara Mengatasi Foto / Gambar yang Tidak Bisa Dibuka di Photoshop

Apakah ini membutuhkan software tambahan? Tentu saja tidak yaa teman-teman, dan bisa kalian terapkan untuk OS Windows maupun macOS (Macintosh / MacBook).

Yang pada intinya foto atau gambar yang kalian inginkan bisa terbuka di photoshop dan siap untuk di edit.

Cara Pertama: Khusus OS Windows

Untuk metode yang pertama ini bisa melakukan metode Save As (penyimpanan gambar ulang), dan dikhususkan untuk OS Windows, yakni dengan bantuan software Paint (kalian tidak perlu download lagi, karna windows sudah ada paint).

  • Klik kanan pada gambarnya yang error tadi.
  • Lalu pilih Open WithPaint.

membuka gambar yang error di ps

  • Kemudian pilih menu File di paint-nya, dan lakukan Save As.
  • Sekarang buka deh gambar tadi ke photoshop dijamin bisa.

membuka gambar yang error di ps cs6

Cara Kedua: Khusus OS macOS / Macintosh, Linux, dst…

Nah untuk yang metode kedua ini gak harus OS macOS / Macintosh & Linux, OS apapun juga bisa diterapkan termasuk windows, yakni melalui situs compress foto : tinypng.

Saran dari saya lebih baik menggunakan cara kedua ini, kenapa? Karna dengan melalui compress kita bisa melakukan perkecilan file data gambarnya (bukan resize ya!).

Kita contohkan: yang awalnya 100mb, dengan melakukan kompres foto bisa menjadi 30mb.

Untuk melakukan kompres foto digoogle situsnya sangat banyak, namun disarankan melalui situs yang saya rekomendasikan saja, karna dia setelah melakukan kompres foto hasilnya tidak blur.

Dan manfaat lainnya juga mampu mengatasi membuka gambar yang tidak bisa dibuka di photoshop atau could not complete your request because a sofn dqt or dht jpeg marker is missing before a jpeg sos marker.

  • Buka situs tinypng.com.
  • Klik Drop your .png or .jpg files here!.
  • Dan pilih foto yang error.

kenapa foto tidak bisa buka di ps

  • Jika sudah berhasil dikompress.
  • Kamu download fotonya.
  • Habis itu coba drag / buka fotonya ke photoshop (dijamin berhasil).

could not complete your request because it is not a valid photoshop document

Itulah cara saya dalam mengatasi tidak bisa buka foto di software photoshop, dan ini bisa diterapkan di semua os dan juga semua versi photoshop.

Akhir Kata

Bagi teman-teman yang bermasalah kenapa sih foto yang saya drag ke ps (photoshop) selalu gak bisa dibuka, masalah lainnya muncul pesan could not complete your request because a sofn dqt or dht jpeg marker is missing before a jpeg sos marker.

Penyebab umumnya sih karna kalian berasal dari media sosial, terutama pada whatsapp, dan solusinya hanya dengan cara-cara diatas yang sudah saya jelaskan step by stepnya.

Jika ada pertanyaan, langsung aja komentar dibawah dan pastinya akan saya respon dengan cepat dari pertanyaan teman-teman, good luck!.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!