Komputer

Touchpad Acer Tidak Berfungsi

Sedang mencari tutorial seperti pembahasan dijudul? teman-teman bisa langsung ke tutorialnya ya! (jika malas membaca penjelasan awal), yang paling penting saat ditutorialnya kalian baca semua penjelasannya.

Touchpad merupakan alat pengganti mouse yang hanya terdapat pada perangkat laptop saja, dengan begitu pengguna pun juga mudah bisa membawa laptop kemana saja tanpa perlu membawa mouse lagi karena didalam laptop tersebut sudah ada penggantinya yaitu bernama touchpad.

Namun banyak pengguna laptop khususnya yang bermerk Acer yang mengeluhkan kata-kata bahwa touchpad yang terdapat di laptopnya tidak dapat berfungsi, baik di klik maupun digeser dengan jari tangan kursor tetap tidak mau bergerak.

Tentu dengan hal yang seperti itu akan membuat kita bingung jika ingin menggunakan laptop, kalau ada pengganti mouse sih tak masalah, namun bagaimana jika tidak ada mouse? pastinya bikin kita prustasi dong ya! hehe.

Silahkan teman-teman bisa pahami daftar isi dibawah ini, supaya ada gambaran apa saja yang harus kalian lakukan nantinya.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Acer yang Tidak Berfungsi

Tentunya hal ini bisa kita terapkan pada semua tipe acer apa saja, dan juga OS apapun juga sama kita bisa terapkan mau itu windows 7, 8 maupun 10.

Ingat! pada panduan tutorial ini hanya dikhususkan yang touchpadnya mengalami masalah sehingga kursor laptop acer tidak bergerak maupun tidak bisa diklik (bukan membahas cara mengaktifkan touchpad laptop acer).

Jadi pastikan kalian nyalakan touchpad-nya (unlock) terlebih dahulu, bisa menekan tombol FN + cari logo touchpad antara F1 s/d F12. Misalnya: FN + F6 atau FN + F9. (secara bersamaan).

Jika kursor tidak bergerak berarti touchpad mengalami masalah, untuk mengatasinya silahkan baca beberapa metode dibawah ini ya!.

#Langkah Pertama: Update Driver Touchpad

Untuk langkah yang pertama, teman-teman bisa lakukan update driver-nya terlebih dahulu, jika driver masih versi lama biasanya terdapat bug sehingga driver tidak dapat berjalan dengan baik.

Dan metode ini tentunya membutuhkan jaringan internet, jadi pastikan teman-teman terhubung terlebih dahulu ke internet ya!.

Karna touchpad tidak berfungsi sehingga kursor tidak mau bergerak, silahkan kalian gunakan mouse saja terlebih dahulu (kalau enggak punya mouse, pinjem sama teman saja juga boleh).

  • Klik kanan pada icon windows.
  • Lalu pilih Device Manager.

buka device manager

  • Setelah itu cari Mice and other pointing devicesklik kanan pada drivernya ▷ pilih Update Driver.

touchpad asus tidak berfungsi - update driver

  • Jika nanti muncul notifikasi, pilih saja Search automatically for updated driver software.
  • Ikuti saja proses updatenya sampai selesai.
  • Kalau sudah selesai, jangan lupa restart laptopnya ya!.

#Langkah Kedua: Download Ulang Driver Touchpad

Jika masih tidak bisa juga padahal sudah mengikuti langkah pertama, cobalah teman-teman download ulang drivernya saja.

Digoogle sangat banyak driver touchpad acer yang siap untuk didownload, tetapi saran saya jangan sembarangan download, alangkah baiknya langsung dari situs acer-nya saja.

Yang dikhawatirkan adalah driver tersebut terdapat bug (karna link dari versi lama) ataupun bisa saja ada virusnya, jadi langkah yang sangat tepat adalah langsung dari situs acer.

Untuk download touchpad langsung dari situs acer, kunjungi link: https://www.acer.com/ac/en/ID/content/drivers

Setelah mengunjungi link tersebut, tinggal kalian masukkan tipe laptop acer kalian, setelah mengikuti prosesnya, nanti muncul deh beberapa driver, untuk touchpad silahkan kalian download bagian Touchpad Driver.

#Langkah Ketiga: Recovery

Seharusnya sudah pasti bisa diatasi dengan kedua langkah diatas, jika masih enggak bisa juga kemungkinan besar laptop kalian terkena virus ataupun beberapa driver pendukung hilang.

Solusi yang cukup ampuh mengatasi driver atau software yang rusak, yakni dengan melakukan recovery. Dengan begitu virus yang tadinya ada juga ikut terhapus ketika kita melakukan recovery windows.

Bagi teman-teman yang tidak tau cara melakukan recovery, cobalah menonton video dari youtube saja karena disana sudah tersedia sangat banyak.

Kenapa harus dari youtube? supaya penyampaian tutorialnya lebih mudah kalian pahami nantinya.

#Langkah Keempat: Bawa Ke Acer Service Center

Kalau enggak bisa juga, berarti ada kerusakan dari hardware-nya (mau enggak mau harus dibongkar dan cek satu persatu).

Jika kalian tidak berani bongkar sendiri, bisa lewat jasa service laptop ataupun langsung ke acer service center.

Kalau lewat acer service center dan kamu masih memiliki kartu garansi yang belum expired, itu sangat bagus karena nanti tidak akan dikenakan biaya instalasi alias gratis tis.

Biasanya hanya 5 hari kerja, maksudnya laptop kamu akan dititipkan lalu bisa diambil lagi selama 5 hari dari penaruhan barang laptop ke service center tersebut.

Apakah kalian sudah tau cara membuat touchpad disable otomatis ketika mouse terhubung ke usb laptop? jika belum tau tutorialnya, silahkan lihat panduan di link tersebut 🙂

Penutup dari Admin

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan mengenai touchpad laptop acer yang bermasalah pada windows 7, 8 dan 10 sehingga cursor tidak mau diklik.

Jika teman-teman ada masukkan atau kritik lainnya, bisa langsung komentar saja pada kolom dibawah ini dan nanti akan saya jawab secepatnya dari pertanyaan teman-teman.

Selamat untuk mencobanya ya!, semoga berhasil dengan baik 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!