Lainnya

Kompres PDF

Sedang cari tutorial mengenai cara kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan? Silahkan teman-teman bisa langsung ke tutorialnya dibawah (jika kamu malas membaca penjelasan awal artikel ini), yang terpenting saat di tutorialnya teman-teman harus baca juga dengan penjelasannya.

File PDF (Portable Document Format) merupakan file yang elegant, diciptakan oleh Adobe System.inc . File ini paling sering digunakan dari pada format file lainnya, karena file ini paling mudah digunakan dalam bentuk ebook dan bisa digunakan dari berbagai perangkat.

PDF paling laris untuk mengirim tugas-tugas, seperti tugas sekolah sltp/slta, kuliah dan deadline pekerjaan. Tapi pernah enggak sih kamu ketika ingin mengirim file pdf sangat besar sekali kapasitas ukurannya, sehingga tidak dapat mengirimnya.

Untuk masalah tersebut, saya dapat memberikan solusi yakni dengan cara mengkompresnya menggunakan Kompres PDF.

Apa sih itu kompres (compress) PDF?” Kompres pdf ini adalah sebuah alat yang dapat memperkecil kapasitas ukuran khususnya berekstensi pdf.

Cara Kompres File PDF

Pada pembahasan ini untuk memperkecil ukuran file pdf secara online (tidak membutuhkan software / aplikasi tambahan yang harus didownload lagi).

Kenapa tidak mengecilkan file pdf secara offline (membutuhkan aplikasi / software)?” Bisa saja kalian menggunakan software untuk mengkompressnya, akan tetapi harus mendownload software tersebut lagi.

Lebih baik kita gunakan cara yang paling cepat, yakni lewat online saja (tidak perlu khawatir, tidak memakan kuota internet banyak).

Tentu saja hal ini bisa diterapkan melalui komputer (pc & laptop) serta hp (android & ios). Pada intinya, kita hanya mengakses browsernya saja.

Sebagai contohnya disini saya terapkan menggunakan laptop, bagi teman-teman yang menggunakan hp, step by stepnya tidak jauh berbeda (tinggal sesuaikan saja, karena kita kompressnya secara online, jadi tidak menggunakan aplikasi tambahan).

  • Sebagai contoh, file saya yang belum dikompress memiliki size: 97
    • Untuk melihat ukuran file PDF: Klik kanan pada fileProperties ▷ sudah deh terlihat ukurannya.

cara compress file pdf

#Step by Step Mengecilkan File PDF Secara Online

  • Silahkan kunjungi smallpdf.com
  • Klik Pilih File.
  • Cari file pdf yang ingin di compress.

cara memperkecil ukuran file pdf

  • Disitu pilih Kompresi Dasar (gratis).
    • Untuk Kompresi Kuat (berbayar), tentu hasil kompress jauh lebih kecil. Anda juga bisa mencobanya secara trial hanya beberapa hari, silahkan bisa mendaftarnya.
  • Disini saya pilih kompresi dasar (karena gratis dan tidak perlu buat akun).
  • Setelah itu, klik tombol Pilih Opsi.
  • Nanti tunggu saja hasil kompressnya (semakin kecil ukuran file pdf, semakin cepet).

kompres pdf hingga 100 kb

  • Jika proses kompres sudah selesai, silahkan langsung Unduh.
    • Sebelum mengunduh, hal menariknya di smallpdf Anda bisa mengedit pdf tersebut, seperti: menambahkan teks, gambar, memutar dan sebagainya.
  • Disitu juga tertera hasil pdf yang berhasil dikompress.

cara kompres pdf hingga 200 300 kb

#Tips Tambahan: Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan (100kb, 200kb & 300kb)

Jika teman-teman menginginkan compress pdf sesuai keinginan seperti 100kb, 200kb, 300kb ataupun setengah ukuran.

Silahkan bisa coba alternatif situs compress pdf lainnya (tak harus smallpdf, situs lainnya juga bisa), berikut beberapa situs rekomendasi dari saya:

  1. ilovepdf.com
  2. pdf2go.com
  3. pdfcompressor.com
  4. sodapdf.com
  5. easypdf.com
  6. kumpulan situs kompres pdf lainnya.

Daftar situs diatas tentu hasil setiap kompress pdf akan berbeda, ada yang berhasil 40%, ada juga yang 30%, ada juga dibawah 20% (untuk versi yang gratis).

Andaikata masih kurang sesuai ukuran yang Anda inginkan, bisa mencoba versi berbayar (pakai yang trial saja, lumayan gratis hanya beberapa hari aktifnya).

Contohnya seperti smallpdf tadi, disitu juga menyediakan versi berbayar dengan trial, jadi Anda bisa mencobanya versi berbayar secara gratis hanya beberapa hari saja akun Anda aktif.

Seputar Pertanyan Untuk Cara Compress PDF

Bagaimana Kompres File PDF Menjadi 100, 200 & 300 kb?

Untuk mengecilkan file pdf sesuai ukuran yang diinginkan, teman-teman bisa cari alternatif situs compress pdf lainnya, karena setiap situs memiliki hasil kompres yang berbeda. Selain itu, bisa juga menggunakan versi pro (tentunya berbayar), pakai yang trial juga boleh tetapi akun aktif hanya beberapa hari saja, setelah itu harus membayarnya supaya akun versi pro bisa digunakan lagi.

Apakah Bisa Diterapkan di PC & HP?

Tentu saja metode ini bisa diterapkan pada komputer (pc & laptop) serta hp (android & ios). Karena kompresnya secara online, hanya membutuhkan browser saja, tidak perlu download-download aplikasi lagi.

Kenapa Harus Kompres PDF Secara Online?

Secara offline sebenarnya bisa saja, akan tetapi membutuhkan download software / aplikasi tersebut, lebih baik online karena banyak situs-situs compress pdf yang bisa kita gunakan secara gratis.

Apakah PDF Bisa Diedit?

FIle pdf tentu saja bisa diedit, mau itu penambahan gambar, memutar file, menambah teks dan lain sebagainya. Contohnya seperti smallpdf, sebelum Anda mengunduh hasil compress, Anda juga ditawarkan untuk mengedit file pdf, jika tidak mau bisa langsung mengunduh (step by stepnya sudah saya jelaskan secara lengkap diatas).

Kesimpulan

Itulah cara yang paling mudah untuk memperkecil ukuran (kompres / compress) file pdf, mau kegunaannya untuk upload file persyaratan cpns, tugas sekolah, tugas pekerjaan, dan sebagainya.

Teman-teman sudah tau belum cara kompres foto di photoshop? jika belum tau silahkan lihat juga panduannya.

Gimana, mudahkan? Selamat untuk mencobanya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!