Gadget

Cara Cek IMEI iPhone

Sedang mencari panduan untuk mengetahui imei pada hp iphone? serta cek apakah imei tersebut terdaftar (asli) atau tidak (palsu)? Akan saya bahas step by step-nya.

Dengan adanya IMEI pada setiap smartphone, tentu sangat berguna sekali seperti halnya jika hp kita hilang, kita cukup memberikan imei tersebut kepada pihak kepolisian atau ke service centernya secara langsung.

Singkatan dari IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah identitas unik yang terdapat pada sebuah perangkat handphone, identitas ini tidak bisa sama antara hp yang satu dengan hp yang lain.

Jika terdapat imei yang sama di hp yang berbeda, berarti yang satunya adalah hp palsu, jika barang palsu tersebut dilacak atau ke service center, maka tidak akan terbaca dan yang terbaca hanya yang imei asli saja.

Oke baik, itu sekilas mengenai imei, sekarang saatnya kita mengetahui imei pada hp kita, serta apakah sudah terdaftar atau belum imei tersebut.

Cara Cek IMEI iPhone Semua Tipe & Terdaftar atau Tidak

Untuk mempermudah, kalian bisa klik link teks dibawah ini untuk menuju sebmenu-nya tanpa perlu scroll lagi, karena saya akan membahas dengan 2 (dua) penjelasan pada panduan ini.

  1. Mengetahui imei pada iphone (kode unik pada hp tersebut).
  2. Mengetahui imei terdaftar atau tidak (untuk cek apakah iphone Anda asli / palsu).

Silahkan teman-teman baca panduannya step by step, jangan dilongkap-longkap dikhawatirkan nanti salah pemahaman saat Anda menerapkannya.

Mengetahui IMEI (Kode Unik) Pada iPhone / iOS

Untuk mengetahui imei pada iphone Anda, akan saya bahas dengan 4 (empat) tutorial, kamu bisa menerapkan metode mana saja karena caranya juga sama (sama-sama untuk mengetahui imei).

#Cara Pertama: Dial Ke *#06#

  • Buka aplikasi telepon.
  • Langsung dial (hubungi) ke nomor *#06#
  • Secara otomatis akan muncul imei iphone Anda.

cek imei iphone dial

#Cara Kedua: Lewat Slot Kartu SIM

Kita juga bisa lihat pada slot sim card, nanti akan terdapat imei disitu. Tipe iphone apapun pastinya akan tertera, mau itu iphone 5 / 6 / 11, apapun tipenya pastinya ada.

Namun setiap tipe hanya berbeda tata letak imei-nya saja, misalnya seperti gambar dibawah ini:

cek imei iphone slot sim card

#Cara Ketiga: Melalui Pengaturan

Untuk pengecekan imei pada iphone, bisa juga melalui pengaturannya (settings), nanti akan muncul disitu. Untuk step by stepnya silahkan kamu ikuti dibawah ini:

  • Buka Settings.
  • Pilih General.
  • Pilih About.
  • Akan muncul nanti imei-nya.

cek imei iphone melalui menu settings pengaturan

#Cara Keempat: Lewat iTunes

  • Buka laptop Mac ▷ sambungkan iPhone ke laptop Mac.
  • Setelah tersambung ▷ buka iTunes.
  • Pada aplikasi iTunes ▷ klik ikon HP.
  • Pilih Summary.
  • Pilih phone number ▷ lalu klik-klik phone number sampai muncul imei.

cara cek imei iphone lewat itunes

Mengetahui IMEI Terdaftar / Tidak di Kemenperin (Cek Keaslian iPhone)

Setelah teman-teman sudah mengetahui imei pada iphone yang kamu miliki, sekarang saatnya cek apakah sudah terdaftar di kemenperin atau belum terdaftar.

Ini adalah untuk cek keaslian pada iphone, jika tidak terdaftar pada kemenperin, maka iphone yang kamu miliki hasil ilegal (bisa jadi beli dari black market), bukan iphone asli.

Namun kalau kalian masukkan imei ke kemenperin, kemudian terdaftar pada database kemenperin, iphone yang kamu miliki berarti asli (legal / resmi).

  • Buka situs imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan imei-nya.
  • Jika sudah terdaftar akan bertulisan: IMEI terdaftar di database Kemenperin.

cara mengecek imei hp terdaftar atau tidak di kemenperin

#Seputar Pertanyaan

Gampangan yang Mana Untuk Cek IMEI iPhone?

Untuk pengecekan imei pada iphone, lebih mudahan melalui dial ke *#06# saja, metode ini tidak dikenakan tarif pulsa.

Apakah iPhone Hasil Beli dari Black Market Resmi?

Untuk cek keasliannya Anda bisa cek melalui kemenperin, pada umumnya iphone beli dari black market tidak akan terdaftar, yang berarti hp tersebut palsu (ilegal).

Untuk Daftar IMEI Pada Kemenperin Bagaimana?

Jika iPhone Anda sudah terdeteksi tidak terdaftar di database kemenperin, untuk melakukan pendaftaran imei ke kemenperin, tidak bisa dilakukan, karena hanya hp resmi saja yang sudah otomatis terdeteksi terdaftar.

Akhir Kata

Bagaimana apakah metode diatas mudah untuk dilakukan? semoga saja iphone yang kamu miliki terdaftar di kemenperin, karena banyak sekali iphone hasil beli dari black market.

Untuk cek keaslian iphone hanya bisa melalui kemenperin saja, jika terdaftar maka iphone yang kamu miliki resmi dari officialnya.

Teman-teman punya Macbook? sudah tau belum untuk cara cek serial number di mac? jika belum tau, silahkan lihat panduannya pada link tersebut ya!.

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan kepada teman-teman, semoga bermanfaat, selamat untuk beraktifitas kembali.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!