Gadget

Cek IMEI Samsung

Pada panduan artikel ini saya akan membahas untuk cek kode imei hp samsung, serta mengetahui apakah imei tersebut terdaftar atau tidak di kemenperin.

Dengan adanya code imei (kode unik) ini masih banyak orang yang belum mengetahuinya lebih dalam lagi, apa sih manfaat yang ada pada kode tersebut.

Dan saya pribadi pun dulu juga demikian selalu bertanya manfaat kode pada hp kita khususnya hp merk samsung itu apa saja manfaatnya?. Setelah saya cari tahu apa itu fungsinya dan pengertiannya, akhirnya paham juga, kurang lebih seperti ini yang saya tangkap mengenai imei pada hp samsung.

Kode IMEI ini adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau identitas unik yang terdapat disetiap merk hp tertentu, dan setiap hp tidak akan pernah sama kode identitas ini.

Dan manfaat adanya kode imei ini adalah ketika hp kita hilang atau dicuri, kita bisa melaporkannya kepada pihak polisi cukup memberikan kode imei hp kita ke pihak kepolisian, selain itu kita juga bisa memberikannya kepada provider supaya hp kamu akan diblokir dan pelaku tidak akan bisa mengakses hp kamu sampai kapanpun.

Dan kode imei ini tidak ada kaitannya dengan sim card, jika sim card dicabut atau dilepaskan, kode imei akan terus ada. Dalam susunannya terdiri dari 14 atau 16 digit, untuk handphone keluaran baru biasanya 16 digit.

Ngomong-ngomong tentang kode imei, mungkin diantara kita masih ada yang bingung bagaimana sih cara melihat kode imei di hp samsung khususnya. Nah untuk itu saya akan memberitahukan kepada kalian bagaimana cara menampilkan kode imei supaya kamu bisa mengetahuinya.

Cara Cek IMEI Samsung & Mengetahui Asli / Palsu

Disini saya akan membahas dengan 2 (dua) submenu, teman-teman bisa klik link teks dibawah ini untuk menuju submenu-nya langsung (tanpa perlu scroll lagi).

  1. Mengetahui kode imei pada hp samsung.
  2. Mengetahui imei samsung terdaftar atau tidak di kemenperin (mengecek apakah imei hp samsung kamu asli atau palsu).

Mengetahui Kode IMEI HP Samsung

Kalau untuk mengetahui kode imei pada hp samsung, akan saya bahas dengan beberapa cara, semua cara tersebut bisa kalian terapkan, senyaman kalian ingin menggunakan cara yang keberapa.

Berikut untuk mengecek imei pada semua versi / tipe hp samsung:

#Cara Pertama: Lewat Online

  • Buka playstore, pada pencarian ketik imei checker.
  • Pilih salah satu aplikasi, lakukan download.
  • Setelah terinstall, langsung buka aplikasi tersebut.
  • Ikuti step by step sesuai dengan perintah aplikasi, secara otomatis imei kamu akan terdeteksi pada aplikasi tersebut.

#Cara Kedua: Dial Ke *#06#

  • Buka aplikasi telepon.
  • Panggil ke nomor *#06#
  • Secara otomatis akan muncul nomor imei hp samsung-mu.

cara cek imei samsung asli

#Cara Ketiga: Lewat Pengaturan

  • Buka menu Pengaturan (settings).
  • Cari dan pilih Tentang Ponsel (about phone).
  • Cari dan pilih Kode IMEI.
  • Imei hp kamu akan muncul.
Pada cara ketiga ini setiap tipe hp samsung berbeda-beda tampilan pengaturannya, silahkan kalian bisa menyesuaikan sendiri dengan pengaturan hp samsung pada step by step diatas itu.

Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak di Kemenperin

Setelah mengetahui imei pada hp Anda, sekarang saatnya cek di kemenperin, apakah sudah terdaftar atau belum imei-nya.

Jika belum terdaftar, berarti hp kamu palsu, hasil beli dari black market, bukan hp resmi.

  • Buka situs imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan imei-nya.
  • Jika sudah terdaftar akan bertulisan: IMEI terdaftar di database Kemenperin.

cara mengecek imei hp terdaftar atau tidak di kemenperin

Seputar Pertanyaan

Bagaimana Cara Cek Imei Samsung Asli?

Cara mengecek imei sudah saya jelaskan diatas step by stepnya, setelah mengetahuinya diwajibkan Anda untuk cek juga melalui kemenperin.

Apa Itu Kemenperin?

Kemenperin adalah untuk mengetahui apakah imei hp kamu terdaftar atau tidak, jika tidak terdaftar maka hp kamu palsu, hasil beli dari black market (bukan resmi).

Jika IMEI Saya Tidak Terdaftar di Kemenperin, Bagaimana?

Jika imei kamu tidak terdaftar di kemenperin, tidak masalah, tetapi yang dikhawatirkan adalah dalam hukum, karena produk ilegal dalam negeri sangat dilarang keras, jika ketahuan saya tidak akan jelaskan apa saja hukuman yang akan Anda dapatkan. Lebih baiknya ganti hp, belilah dari samsung resmi, bukan beli dari black market.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada panduan ini untuk cek imei pada hp samsung beserta apakah sudah terdaftar atau belum di kemenperin.

Mau beli hp samsung bekas (second)? sudah tau belum cara cek hp samsung bekas masih bagus atau tidak? jika belum tau, silahkan lihat panduanya.

Masih ada yang bingung sampai sini? Kalau iya, silahkan tinggal komentar saja dibawah, secepatnya akan saya balas dari pertanyaan kalian.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!