Komputer

Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Teman-teman sedang mencari solusi flashdisk minta format terus-menerus? Silahkan kalian bisa langsung ke pembahasan tutorialnya jika malas membaca penjelasan awal artikel ini.

Flashdisk mengalami error saat dimasukkan ke usb komputer dan meminta format terus (format the type of the file system is raw), tentu ada hal yang bermasalah yang terdapat didalam komponennya.

Nah pada ulasan artikel ini saya akan membantu teman-teman disini dalam memperbaiki flashdisk yang meminta format terus saat di masukkan ke usb pc atau laptop.

Cara ini kita bisa menggunakan software repair flashdisk dan juga tanpa menggunakan software tambahan, dan pastinya akan mengulasnya dengan 4 (empat) metode yang bisa kamu terapkan dalam mengatasinya.

Jika metode pertama tidak bisa, kalian bisa menggunakan metode kedua, jika tidak bisa juga ikuti lagi metode ketiga dan keempat, semoga dengan 4 cara yang akan saya ulas ini bisa membantu teman-teman yang mengalami flashdisk yang terus meminta format.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Meminta Format Terus

Disini saya terapkan untuk pengguna windows saja, jika kamu pengguna selain OS windows bisa menyesuaikan sendiri ya!. Tentunya bisa diterapkan pada windows xp, vista, 7, 8, 8.1 & 10.

Dan saya harap kepada teman-teman disini untuk membaca dari setiap penjelasan yang ada, karena akan ada beberapa penjelasan yang penting.

Jadi kalian jangan langsung ke intinya atau ke tutorialnya tanpa membaca penjelasannya, yang dikhawatirkan nanti teman-teman malah salah pengertian saat menerapkan metodenya.

Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Kehilangan Data

Untuk tips yang ini khusus teman-teman yang mengkhawatirkan datanya hilang, semoga dengan tips yang ini bisa diatasi dengan cepat.

Tentunya tips yang ini akan saya bahas dengan 4 (empat) metode penyelesaian, silahkan kalian ikuti secara berurutan ya!.

#Cara Pertama: Coba di PC / Laptop Lain

Langkah yang pertama ini sangat mudah, kalian bisa hubungkan flashdisk ke PC / Laptop lain, siapa tau PC/Laptop kamu yang terkena virus.

Jika di PC / Laptop lain terbaca (tidak meminta format) berarti benar komputer kamu yang terkena virus.

#Cara Kedua: Scan dengan Antivirus Smadav

Jika masih tidak bisa juga, coba kamu lakukan scan dengan antivirus smadav. Sebenarnya antivirus apa saja juga boleh, tetapi mengenai virus yang terdapat pada usb saya sarankan pakai smadav saja (lebih akurat).

Oh iya, kamu sudah tau key smadav pro gratis dari saya? jika belum tau silahkan dapatkan lisensi punya saya secara gratis tidak perlu bayar.

  • Masukkan flashdisk ke komputer.
  • Buka software antivirus smadav.
  • Lakukan scan pada flashdisknya.
  • Tunggu sampai proses selesai.

flashdisk minta format raw dengan smadav

Ada cara lagi gak memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa menghilangkan data? Untuk tips tanpa menghapus data hanya ketiga metode diatas, kalau masih meminta format juga solusi satu-satunya kamu ikuti metode dibawah ini (pastinya data akan ikut terhapus), yang terpenting flashdisk kamu aman tidak ada notifikasi format lagi.

Mengatasi Flashdisk Minta Format Raw (Menghapus Folder Data)

#Cara Pertama: Repair Menggunakan CMD

  • Masukkan flashdisk kalian ke USB PC / Laptop.
  • Setelah itu flashdisk jangan di klik dulu, supaya tidak muncul notifikasinya.
  • Sebagai contohnya disini flashdisk saya terletak di local disk E.

file tidak ada di flashdisk - usb drive

  • Kemudian kalian buka CMD.
  • Lalu ketik perintah chkdsk (letak flashdisk): /R di cmd.
    • Contohnya seperti ini chkdsk E: /R
  • Lalu tekan Enter pada keyboard setelah mengetik perintah tersebut.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, kalau sudah selesai silahkan buka folder flashdisk.

flashdisk minta format tanpa kehilangan data

#Cara Kedua: Lakukan Low Level Format

  • Masukkan flashdisk ke PC / Laptop.
  • Silahkan buka Disk Management, caranya:
    • Kalian bisa klik kanan pada logo windows.
    • Lalu pilih Disk Management.

cara membuka disk management

  • Pilih pada local disk bagian flashdisk.
  • Klik kanan pada flashdisk ▷ pilih Format.
  • Jika muncul notifikasi pilih Yes saja ▷ ikuti alur format flashdisk seperti biasanya.

format the type of the file system is raw

Penyebab Flashdisk Meminta Format Terus

#Pertama: Flashdisk Terkena Virus

Karena flashdisk ini sangat rentang sekali terkena virus, oleh karena itu jangan sering menghubungkan flashdisk ke komputer yang sudah terjangkit virus.

#Kedua: Flashdisk Mengalami Bad Sector

Teman-teman jangan cabut paksa flashdisk yang sedang terhubung ke usb, karena mencabut flashdisk yang sedang tersambung ke usb justru sangat mudah diserang virus, yakni namanya bad sector. Kalau ingin dicabut, lakukanlah Eject terlebih dahulu.

#Ketiga: Proses Copy Paste Data Tidak Berjalan Sempurna

Teman saya juga mengalami, ketika melakukan copas data ke flashdisk mati lampu (listrik mati), setelah nyala lagi flashdisk dihubungkan tiba-tiba minta format.

Cara Mencegah Flashdisk Terkena Virus Minta Format

Kalau untuk mencegahnya sih sangat mudah, teman-teman jangan sering menghubungkan usb ke pc atau laptop lain, yang dikhawatirkan pc / laptop tersebut sudah terjangkit oleh virus.

Dan juga alangkah baiknya install antivirus di komputernya untuk mencegah virus menyerang flashdisk, yang saya rekomendasikan sih smadav.

Teman-teman sudah tau belum cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk? jika belum tau silahkan lihat artikelnya.

Seputar Pertanyaan

Bagaimana Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Kehilangan Data?

Jika Anda ingin menyelamatkan flashdisk tanpa kehilangan data, disitu sudah saya jelaskan dengan 2 (dua) metode penyelesaian. Jika masih tidak berhasil juga, mau enggak mau harus melakukan format flashdisk (tentunya data akan hilang).

Antivirus yang Bagus Untuk Flashdisk Apa?

Semua antivirus untuk flashdisk bagus semua, tetapi saya pribadi lebih merekomendasikan antivirus lokal saja, yakni Smadav.

Apa Penyebab Flashdisk Minta Format Raw?

Penyebab umumnya: flashdisk terkena virus, terjadi bad sector & tidak sempurna transfer data (file).

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada teman-teman untuk mengatasi flashdisk yang selalu minta format tanpa software (dengan cmd), solusi flashdisk tidak bisa diformat padahal selalu muncul notifikasi minta format maupun memperbaiki flashdisk yang minta format dengan software tambahan.

Oh iya apakah kalian juga suka membaca berita seperti saya? Jika iya, coba deh IDN App, itu aplikasi yang paling saya suka, isinya curhatan saya hehe.

Jika ada yang bingung atau masih ragu-ragu, silahkan komentar saja dibawah, secepatnya akan saya respon dari pertanyaan kalian.

Selamat untuk mencobanya, semoga sukses!.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!