Komputer

Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Flashdisk mengalami error saat dimasukkan ke usb komputer dan meminta format terus, tentu ada hal yang bermasalah yang terdapat didalam komponennya.

Nah pada ulasan artikel ini saya akan membantu teman-teman disini dalam memperbaiki flashdisk yang meminta format terus saat di masukkan ke usb pc atau laptop.

Cara ini kita bisa menggunakan software repair flashdisk dan juga tanpa menggunakan software tambahan, dan pastinya akan mengulasnya dengan 4 (empat) metode yang bisa kamu terapkan dalam mengatasinya.

Jika metode pertama tidak bisa, kalian bisa menggunakan metode kedua, jika tidak bisa juga ikuti lagi metode ketiga dan keempat, semoga dengan 4 cara yang akan saya ulas ini bisa membantu teman-teman yang mengalami flashdisk yang terus meminta format.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Dan saya harap kepada teman-teman disini untuk membaca dari setiap penjelasan yang ada, karena akan ada beberapa penjelasan yang penting.

Jadi kalian jangan langsung ke intinya atau ke tutorialnya tanpa membaca penjelasannya, yang dikhawatirkan nanti teman-teman malah salah pengertian saat menerapkan metodenya.

Ada gak cara memperbaiki flashdisk yang minta format tanpa menghilangkan data? Untuk tips tanpa menghilangkan data tidak bakalan ada, pastinya data di flashdisk bakalan hilang, yang terpenting flashdisk teman-teman bisa sembuh dan tidak meminta format terus saat dimasukkan ke lubang usb.

Cara Pertama: Memperbaikinya Melalui RUN

  • Silahkan masukkan usb ke pc atau laptop.
  • Buka fitur Run, caranya bisa dari search windows atau ketik Logo Win + R secara bersamaan di keyboard.
  • Setelah itu teman-teman ketik compmgmt.msc dan klik tombol OK atau tekan Enter pada keyboard.

memperbaiki flashdisk yang meminta format

  • Lalu cari Disk Management, dan cari flashdisk kamu kemudian klik kanan dan pilih Format.

memperbaiki flashdisk yang meminta format 2

Cara Kedua: Mengatasinya Melalui CMD

  • Hubungkan flashdisk teman-teman ke komputer, dan buka cmd.
  • Jika flashdisk kamu munculnya di ekstensi E, maka kamu ketik format e:
  • Dan tekan Enter pada keyboard. Jika flashdisknya muncul di ekstensi F, yaaa maka tinggal ketik format f:

memperbaiki flashdisk yang meminta format 3

Cara Ketiga: Lewat CMD Versi Ke-2

  • Silahkan buka fitur Run.
  • Setelah itu ketik perintah CHKDSK (Drive Flashdisk):/R .
  • Contohnya seperti CHKDSK E:/R
  • Jika sudah tinggal tekan tombol OK atau Enter pada keyboard.

memperbaiki flashdisk yang meminta format 4

  • Dan nanti dia akan format secara otomatis, jika berhasil formatnya maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

memperbaiki flashdisk yang meminta format 6

Cara Keempat: Lewat Software Tambahan

Untuk cara selanjutnya teman-teman bisa coba menggunakan software yang namanya USB Disk Storage Format Tool, untuk mendapatkan software ini silahkan teman-teman tinggal download saja di google, disana banyak.

Dan untuk menggunakan software ini saya rasa kalian pastinya sudah paham, karena mudah kok digunakan walaupun teman-teman masih awam tentang software ini.

Dan untuk rekomendasi lainnya, saya lebih suka menggunakan antivirus smadav, karena anitvirus ini sangat bagus untuk mengatasi yang ada di usb. Mungkin banyak yang bilang antivirus smadav kurang bagus, namun kalau saya pribadi justru paling ampuh dalam memperbaiki virus yang ada di usb.

Penyebab Flashdisk Meminta Format Terus

Untuk penyebab flashdisk yang selalu minta format yakni ada 2 penyebab, diantaranya:

  1. Flashdisk Terkena Virus: Karena flashdisk ini sangat rentang sekali terkena virus, oleh karena itu jangan sering menghubungkan flashdisk ke komputer yang sudah terjangkit virus.
  2. Flashdisk Mengalami Bad Sector: Teman-teman jangan cabut paksa flashdisk yang sedang terhubung ke usb, karena mencabut flashdisk yang sedang tersambung ke usb justru sangat mudah diserang virus, yakni namanya bad sector. Kalau ingin dicabut, lakukanlah Eject terlebih dahulu.

Cara Mencegah Flashdisk Terkena Virus

Kalau untuk mencegahnya sih sangat mudah, teman-teman jangan sering menghubungkan usb ke pc atau laptop lain, yang dikhawatirkan pc / laptop tersebut sudah terjangkit oleh virus.

Dan juga alangkah baiknya install antivirus di komputernya untuk mencegah virus menyerang flashdisk, yang saya rekomendasikan sih smadav.

Teman-teman sudah tau belum cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk? jika belum tau silahkan lihat artikelnya.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada teman-teman untuk mengatasi flashdisk yang selalu minta format tanpa software (dengan cmd), solusi flashdisk tidak bisa diformat padahal selalu muncul notifikasi minta format maupun memperbaiki flashdisk yang minta format dengan software tambahan. Serta saya kasih bonus untuk mencegah dan penyebab kenapa flashdisk bisa terkena oleh virus.

Semoga dengan artikel-artikel diatas bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mengalaminya, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau lain sebagainya tinggal komentar saja dibawah yaaa, selamat untuk mencobanya dan semoga berhasil 🙂

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!