Media Sosial

Line Sering Keluar Sendiri?

Kalian sedang mencari solusi kenapa aplikasi line sering terhenti (force close)? Kebetulan pada panduan artikel ini akan saya bahas step by stepnya.

Sebelum step by step, tentu saja paragraf awal saya akan bahas apa itu aplikasi line, jika kalian merasa gak begitu penting, bisa langsung ke inti tutorialnya saja.

Line salah satu aplikasi sosial messenger yang sangat populer dikalangan remaja saat ini, stiker-stiker yang terdapat pada line juga sangat menarik untuk dicoba satu persatu yang pastinya tidak ada di aplikasi media sosial lainnya (memiliki ciri khas tersendiri pada aplikasi line dengan aplikasi lainnya).

Sehingga line sangat cocok untuk para anak remaja, apalagi kalau sudah main stiker yang berbayar, pastinya akan terlihat lebih wow di mata teman-teman kamu.

Namun ada saja beberapa masalah yang sering terjadi pada aplikasi Line, mulai dari video call yang bermasalah, mengirim pesan yang sering gagal, tidak tersedianya tombol logout, macet dan sampai-sampai muncul notifikasi “Unfortunately Line Has Been Stopped“, yang dimana artinya aplikasi line telah berhenti.

Cara Mengatasi Line Sering Keluar Sendiri (Sayangnya Line Telah Berhenti)

Jika kalian mengalami aplikasi line yang sering keluar tiba-tiba, akan saya bahas step by step, silahkan kalian bisa praktek langsung secara berurutan.

Andai cara pertama masih gagal, ikuti cara yang kedua dan seterusnya, sampai benar-benar ada solusi untuk mengatasinya.

#Cara Pertama: Hapus File Cache Aplikasi Line

File cache ini memang sangat berguna untuk mengakses suatu aplikasi supaya berjalan optimal setelahnya, namun sayangnya jika kita diamkan begitu saja, file tersebut akan terus menumpuk bahkan akan membuat smartphone kamu menjadi lemot (tidak bisa menjalankan aplikasi dengan baik).

Menghapus file cache pada aplikasi ada 2 (dua) cara yang bisa kita lakukan, bisa menggunakan cara otomatis yakni dengan bantuan aplikasi cleaner, bisa juga dengan cara manual yakni melalui pengaturan aplikasi.

Tentu saja cara otomatis kita hanya cukup lakukan bersihkan cache dengan memencet satu tombol pada aplikasi tersebut, semua cache pada aplikasi akan terhapus. Untuk mendapatkan aplikasi cache kita bisa download di playstore (bagi pengguna android) & appstore (bagi pengguna ios).

Jika cara manual melalui pengaturan, kita bisa hapus cache satu persatu aplikasi. Karna saat ini bermasalah pada aplikasi line, kita cukup hapus cache pada aplikasi line saja (lebih disarankan semua aplikasi lakukan pembersihan cache).

Pada cara dibawah ini saya menggunakan HP Android merk Vivo, jika kalian beda merk ataupun OS iOS, bisa menyesuaikan sendiri ya!, karna setiap hp tampilan pengaturannya agak berbeda sedikit (tidak berbeda jauh).

Buka PengaturanPengaturan LainnyaPengelola Aplikasi ▷ cari aplikasi LinePenyimpananHapus Cache ▷ kemudian lakukan Restart pada hp kamu.

hapus file cache aplikasi line

#Cara Kedua: Update Aplikasi Line

Andai kata masih belum bisa juga, mungkin memang dari pihak line harus memperbarui sistemnya lagi. Maksudnya adalah kamu harus melakukan update aplikasi line melalui playstore (bagi pengguna android) & appstore (bagi pengguna ios).

Untuk cek & update aplikasi line sangat mudah sekali, sebagai contohnya disini saya pakai hp OS Android.

Buka aplikasi PlayStore ▷ klik ikon titik 3 (tiga)Aplikasi & game sayaUpdate aplikasi Linejika sudah selesai update lakukan Restart pada HP Anda.

update aplikasi di playstore

#Cara Ketiga: Hapus Data Aplikasi Line

Jika cara pertama & kedua masih tidak berhasil untuk mengatasinya, kamu coba dengan melakukan menghapus data aplikasi line.

Tetapi pastikan sebelum melakukan ini kamu harus ingat akun line kamu, karena ia akan menghapus data login, cache, basis data dan sebagainya.

Intinya seperti install aplikasi baru yang membutuhkan login kembali, cara ini cukup ampuh karna semua data akan terhapus, jadinya pastikan kamu masih ingat akun line untuk loginnya kembali.

Sebagai contohnya disini saya menggunakan HP Android merk Vivo, jika kalian beda OS / beda merk android, silahkan bisa menyesuaikan sendiri tampilan pengaturan di hp saya dengan pengaturan di hp kamu.

Buka PengaturanPengaturan LainnyaPengelola Aplikasi ▷ cari aplikasi LinePenyimpananHapus Data ▷ kemudian lakukan Restart pada hp kamu.

hapus data aplikasi line

#Cara Terakhir: Penyimpanan Internal Penuh / Hampir Penuh

Jika semua cara masih bermasalah aplikasi line sering keluar mendadak, kemungkinan besar adalah dari penyimpanan hp kamu yang sudah penuh ataupun yang hampir penuh.

Penyimpanan ini ada 2 (dua) tipe, penyimpanan internal & penyimpanan eksternal. Untuk internal yakni RAM yang menempel di hp, sedangkan eksternal yang bisa kita pasang maupun tidak.

Jika penyimpanan internal hp hampir penuh / penuh, tentu saja beberapa aplikasi tidak mau merespon. Solusi satu-satunya cukup hapus beberapa aplikasi yang tidak kamu pakai lagi, serta hapus juga beberapa foto / video di galeri hp kamu yang tidak begitu penting.

Kalau kamu merasa berat beberapa aplikasi tidak mau dihapus & foto / video juga tidak mau dihapus, mau enggak mau ganti hp yang spesifikasinya diatas dari hp sekarang kamu punya.

Ibaratnya seperti kamu sedang menuangkan air ke gelas, jika semua air dituangkan tentu saja akan berjatuhan karena gelas memiliki kapasitas (volume) yang terbatas.

Ingat!, jika aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri, solusinya hanya hapus cache, update aplikasi & kemungkinan penyimpanan sudah penuh.

Penyebab Aplikasi Line Keluar Tiba-tiba

Untuk penyebabnya sangat beragam sesuai dengan keadaan hp kamu, berikut ini beberapa penyebab umumnya line sering keluar sendiri:

  • Terlalu banyak cache yang menumpuk pada aplikasi.
  • Bug pada aplikasi line.
  • Penyimpanan internal yang hampir penuh / sudah penuh.

Seputar Pertanyaan

Apakah Metode Ini Bisa di Terapkan Pada OS iOS?

Mau itu OS Android ataupun iOS, tentu saja bisa kalian terapkan, karena metode penyelesaiannya tidak jauh berbeda. Sebagai contohnya dipembahasan ini saya pakai OS Android.

Kenapa Line Tiba-tiba Sering Keluar Sendiri?

Paling umum terjadi akibat penyimpanan internal hp yang sudah penuh ataupun yang hampir penuh.

Apakah Hal Ini Bisa Diterapkan Untuk Line Tidak Bisa Dibuka?

Pembahasan ini megatasi aplikasi line yang secara mendadak keluar sendiri, jika line kalian tidak bisa dibuka, metode penyelesaiannya juga tidak jauh berbeda.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang bisa saya share kepada kalian dalam mengatasi aplikasi line sering keluar sendiri (line tidak menanggapi / force close).

Semoga dapat membantu kamu, selamat untuk mencobanya!.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!