Pelajaran Jurusan Multimedia SMK

Feri Tekno

Feri Tekno

materi pelajaran jurusan multimedia

Mau Masuk SMK Jurusan Multimedia? Baca Artikel Ini Akan Ada Tips-tips Menarik – Jurusan multimedia merupakan jurusan yang kini tengah maju pesat, banyak orang diluar sana saling merebutkan posisi untuk mengambil sekolah Negeri dengan keahlian IT atau ilmu teknologi.

Jika teman-teman yang baru lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan mendapatkan hasil nilai ujian nasional memuaskan, kamu banyak peluang loh untuk mengambil jurusan apa aja di SMK / SMA.

Dan perlu kamu ketahui juga, dalam jurusan multimedia jika kamu mengambilnya sekolah swasta yang berbayar, pasti akan mahal untuk biaya spp, penunjang akhir tahun dan biaya-biaya lainnya yang tak terduga pasti akan diminta oleh pihak sekolah tersebut.

Kami sarankan bagi teman-teman yang mengambil jurusan multimedia tetapi hanya bisa memasuki sekolah swasta, mending ngambil jurusan lain saja.

Kenapa begitu? karena jurusan ini dibilang sangat mahal biayanya dibandingkan jurusan umum lainnya, tapi kalau orangtua kalian mampu yaa tidak apa-apa.

Namun pada ulasan kali ini kami akan memberikan materi apa aja sih yang akan dipelajari di multimedia, yuks langsung saja simak ulasannya.

Materi Pelajaran yang Akan Dibahas di Jurusan Multimedia SMK

Perbedaannya jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) sama Multimedia itu dimananya sih? Kakak sendiri jurusan multimedia, dan perlu kamu ketahui jurusan TKJ & Multimedia tersebut sangat berbeda, iya sangat berbeda sekali mulai dari materi pelajaran yang akan dibahas nantinya dan teknis-teknis lainnya.

Kalau untuk multimedia yang pasti sudah mencakupi semua pelajaran pada jurusan TKJ, namun kalau untuk TKJ tidak akan mencakupi semua pelajaran multimedia.

Tetapi kalau kalian menyukai merakit komputer dan ilmu coding seperti javascript, php, html, css, java dan bahasa coding lainnya, lebih bagus ambil jurusan TKJ saja. Multimedia memang akan mempelajari merakit komputer dan ilmu coding,

tetapi tidak terlalu spesifikasi banget seperti jurusan tkj, kalau jurusan tkj ia akan lebih dalam untuk mempelajari pelajaran tersebut.

Intinya multimedia tuh hanya sebagai pengenalan saja, tinggal siswanya saja lebih memiliki kemampuan yang mana, misalkan pandai coding atau pembuatan animasi, yaa teman-teman tinggal fokuskan kesitu,

karena dijurusan multimedia dia hanya dasarnya saja dan selebihnya siswa itu sendiri untuk memperdalaminya.

Tetapi ngomong-ngomong tentang jurusan ini, mending langsung kita bahas pelajaran apa saja sih nantinya yang akan dipelajari pada jurusan multimedia, yukk simak nih pelajarannya.

1. Desain Grafis

jurusan multimedia

Salah satu yang paling terkenal dari jurusan ini adalah pelajarn desain grafis, nanti teman-teman akan mempelajari desain yang akan dibimbing oleh guru-guru yang bersangkutan dan pastinya ini pelajaran yang paling mengasyikan.

Dan software yang paling sering digunakan adalah Adobe ilustrator, photshop dan corel draw, intinya sih sesuai dengan guru yang diminta pakai software apa nantinya.

Baca Juga :  √ Pengertian Komputer Client dan Fungsinya [Mudah Dipahami]

2. Membuat Animasi 2D dan 3D

jurusan multimedia 2

Nanti teman-teman juga akan mempelajari animasi 2D dan animasi 3D, dan software yang paling dikenal pada jurusan multimedia dan paling sering digunakan adalah Blender (Untuk pembuatan 3D) dan After Effect (Untuk pembuatan 2D).

Kedua software tersebut yang nantinya akan dipelajari oleh teman-teman, tetapi tergantung sekolah yang dipilih, biasanya beda software namun sih paling mayoritas yaa kedua software itu.

3. Editing Video

jurusan multimedia 3

Pelajaran selanjutnya adalah editing video, nanti kalian juga akan mempelajari untuk edit-edit video, dan software yang paling sering digunakan adalah Adobe Premiere, ada juga software lainnya yang terkenal pada jurusan ini diantaranya : Filmora, Camtasia dan Sony Vegas.

4. Web Desain

jurusan multimedia 4

Nah ini nih pelajaran yang paling pusing, tetapi tidak terlalu pusing kalau kamu sudah mengetahuinya hehe. Yang dimana kamu akan mempelajari coding, iya namanya coding atau dibacanya koding.

Mungkin kalau kamu masih awam akan sangat pusing sekali, kakak dulu juga begitu bingung ini pelajaran apa hehe, tapi kalau kalian akan menekuninya pasti akan bisa nantinya.

5. Masih Banyak Lagi…

Kenapa masih banyak lagi? karena setiap sekolah berbeda metode pembelajarannya, ada yang mempelajari cinema fotografi, perakitan komputer dan masih banyak lagi. Tetapi dari 4 pelajaran diatas itu wajib pasti akan kalian pelajari nantinya.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Terkait Jurusan Multimedia

  • Apakah jurusan multimedia harus bisa menggambar? Jawabannya: Tidak harus bisa menggambar.
  • Apakah jurusan multimedia bisa kuliah? Jawabannya: Tentu saja masih bisa untuk kuliah, dan jurusannya bebas mau apa aja boleh nantinya (Saintek & Soshum).
  • Keuntungan mengambil jurusan multimedia? Jawabannya: Kalau masalah keuntungan, itu kembali kepada kalian pribadi, semakin banyak mempelajari ilmu multimedia, semakin banyak pengalaman yang didapat.
  • Gaji anak multimedia? Jawabannya: Kalau masalah gaji, itu tergantung projek atau usaha dari pekerjaan tersebut, yang pasti rata-rata mengikuti UMR Daerah yang sudah ditentukan.
  • Apakah jurusan multimedia harus punya kamera? Jawabannya: Enggak wajib memiliki kamera namun diharuskan, biasanya pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas tersebut. Jika kamu tidak memiliki kamera tenang saja kan masih bisa pinjem sama sekolah atau gak sama teman kamu nanti hehe (pasti dikasih kok).
  • Peluang kerjanya nanti jadi apa aja kak? Jawabannya: Nah untuk peluang kerjanya kalian bisa baca artikel yang satu ini yaa : peluang kerja untuk lulusan multimedia.

Penutup

Jika kalian tertarik ingin memasukinya, silahkan mumpung tidak kehabisan bangku kosongnya hehe. Kalau teman-teman ingin lebih tahu banyak lagi, silahkan komentar saja nanti kakak akan menjawab semua pertanyaan teman-teman disini.

Baca Juga : Perbedaan Gambar Bitmap dan Vektor
Baca Juga : Pengertian Desain Grafis dan Jenisnya
Baca Juga : Aplikasi Untuk Belajar Coding Lewat HP Android
Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Kabel UTP & Kabel STP

Mungkin itu saja mengenai materi pelajaran multimedia, intinya jurusan multimedia itu tidak akan membosankan, justru akan membuat kita semakin senang. Enggak percaya? coba tanyakan saja sama teman kalian yang sudah memasuki jurusan ini.

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

38 Comments
Inline Feedbacks
Tampilkan Semua Komentar
Feri Tekno | Feri Agency