Internet

Mengatasi Chrome Sering Keluar Sendiri

Sedang mencari solusi seperti dijudul (mengatasi chrome keluar sendiri)? silahkan langsung ke tutorialnya dibawah ini, jika ingin baca pembahasannya terlebih dahulu silahkan saja justru sangat saya sarankan baca semua artikel ini supaya tau alur ceritanya.

Google chrome memang paling banyak diminati dari semua kalangan pengguna kompute, sebenarnya banyak sekali browser selain chrome, bisa juga menggunakan mozilla, internet explorer, baidu browser dan sebagainya.

Namun jika dibandingkan dengan browser lain tetap chrome-lah browser yang paling tinggi statistiknya yang menggunakannya.

Tapi sayangnya chrome terbilang cukup berat untuk diakses apalagi bagi teman-teman yang memiliki spesifikasi kurang mumpuni/kecil.

Terlebih lagi chrome suka keluar sendiri (force close) ketika kita lagi menggunakannya, untuk itu saya ada 6 (enam) solusi yang bisa teman-teman ikuti untuk mengatasi chrome yang sering keluar sendiri tanpa sebab.

Cara Mengatasi Google Chrome Sering Keluar Sendiri (Force Close)

Jika metode pertama masih tidak bisa, teman-teman bisa ikuti metode kedua, jika metode kedua masih tidak bisa juga, ikuti metode selanjutnya (dijamin dengan enam tips yang akan saya berikan kepada kalian dibawah ini pastinya ada salah satu yang bisa diperbaiki).

#Pertama: Hapus File Local State

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus file yang namanya Local State, file ini ia hanya bersifat sementara dan dimana file ini dibuat secara otomatis oleh windows.

Namun jika kamu membiarkannya begitu saja ia akan terus bertambah dan pastinya ruang harddisk kamu akan menjadi sempit.

Bahaya enggak nih menghapus file local state? kan file tersebut dibuat sama windows, kok malah dihapus?“, justru lebih baik dihapus walaupun file tersebut dibuat sama windows, karna file local state juga dihapus secara otomatis oleh windows jika ia sudah terlalu penuh.

Untuk itu kamu juga bisa menghapusnya secara manual (local state ini seperti file cache), berikut caranya:

  • Kamu buka Run, caranya bisa tekan Logo Win + R secara bersamaan pada keyboard.
  • Ketik perintah ini pada Run-nya: AppData\Local\Google\Chrome\User Data
  • Habis itu klik OK.

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

  • Cari file yang namanya Local State.
  • Jika sudah ketemu kamu delete/hapus file tersebut.
  • Terakhir restart google chrome (caranya: silang browser chrome dan masuk lagi ke chrome).

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

#Kedua: Rename Folder Default

Jika metode pertama diatas masih tidak bisa juga, langkah selanjutnya adalah merubah nama folder default menjadi default.bat .

  • Buka Run, caranya bisa kamu tekan tombol Win + R secara bersamaan di keyboard.
  • Kamu ketik perintah ini: AppData\Local\Google\Chrome\User Data
  • Setelah itu klik OK.

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

  • Kamu cari folder Default dan ubah namanya menjadi Default.bat
  • Silahkan lakukan keluarkan/close google chrome jika sedang membukanya (supaya ke-restart browser chrome kalian).

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

#Ketiga: Periksa Ekstensi yang Terinstall

Ekstensi atau plugin bisa jadi masalah yang membuat browser chrome teman-teman keluar sendiri / force close, jika ekstensi tersebut sudah lama usang dan tidak diperbarui oleh developernya, selain itu bisa jadi ekstensinya yang kalian install bukan originalnya.

Silahkan periksa ekstensi satu persatu, lakukan penghapusan ekstensi yang teman-teman install, jika ekstensi tersebut dihapus dan masih force close browsernya, install lagi ekstensi tersebut karna bukan ekstensi tersebut yang error, cek ekstensi lainnya hapus satu persatu sampai ketemu penyebabnya.

#Keempat: Perbarui Google Chrome

Langkah selanjutnya teman-teman lakukan update software google chromenya, karena dari update tersebut ada fitur-fitur baru.

Jika teman-teman menggunakan versi lama, pastinya akan banyak bug dari browser chromenya, silahkan lakukan update.

Untuk updatenya silahkan langsung copas link ini dibrowser: chrome://settings/help nanti akan melakukan update sendiri.

#Kelima: Hapus File History (Cache)

Terlalu menumpuknya file history (cookies & cache) akan membuat lambat kinerja google chrome saat kita membukanya, mau enggak mau history kalian harus dihapus supaya browser chrome menjadi optimal (tidak lemot lagi).

Hal ini sangat berdampak sekali bagi pc/laptop yang spesifikasinya low, tetapi untuk kalian yang spesifikasinya high tetep lakukan penghapusan! supaya chrome tidak lemot lagi.

Boleh menghapuskan secara total, maupun 7/30 hari kebelakang. Untuk menghapusnya silahkan copas link perintah berikut ini di chrome kalian: chrome://history

#Keenam: Jangan Membuka Banyak Tab

solusi chrome keluar sendiri - feri tekno

Jika suatu situs yang sudah tidak diperlukan lagi, langsung kamu tutup tab’nya, hal tersebut bertujuan untuk membuat chrome menjadi ringan.

Kalau teman-teman terlalu banyak membuka tab browser, chrome juga akan mengakses loading pagenya secara satu-satu, dan hal tersebut tentu membuat chrome menjadi lemot bahkan bisa membuat browser chrome mendadak keluar sendiri, untuk itu hapuslah tab yang sudah tidak diperlukan lagi.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi google chrome yang sering keluar sendiri (force close) step by stepnya. Semoga dengan metode diatas yang saya bahas bisa menjadi bermanfaat bagi teman-teman, selamat untuk mencobanya.

Teman-teman sering menggunakan browser chrome? sudah tau belum untuk menghapus virus di google chrome? jika belum tau silahkan lihat artikelnya.

Jika ada pertanyaan atau kritikan dari teman-teman, langsung cusss komentar saja dibawah, dan setiap komentar dari kalian akan saya respon secepatnya.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!